Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Nasional

Ajakan Presiden Jokowi Beli Bipang Ambawang, Ngabalin: Salahnya di Mana?

Ajakan Presiden Jokowi Beli Bipang, Ngabalin: Salahnya di Mana?

Jokowi Ajak Masyarakat Beli Bipang

IKIZONE.COM, Suara Arah Publik  – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin memberi tanggapan perihal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan kuliner nusantara termasuk Bipang Ambawang.

Ngabalin menyampaikan, promosi kuliner nusantara itu merupakan acara dari Kementerian Perdagangan.

Selain itu, ajakan Jokowi untuk membeli kuliner khas daerah itu ditujukan untuk semua masyarakat yang rindu pada kampung halaman.

“Acara ini adalah acara yang digelar oleh Departemen Perdagangan dalam rangka mempromosikan, kan kita cinta pada produk-produk nusantara kita,” ujarnya dalam program Sapa Indonesia Malam, dikutip dari YouTube Kompas TV, Sabtu (8/5/2021).

“Jadi memang kalau bicara soal lebaran, orang mengidentikkan dengan pulang kampungnya orang Islam,” lanjut dia.

Menurutnya, pemerintah memang sedang menggalakkan mencintai produk lokal. Sehingga, Ngabalin berharap pernyataan Jokowi itu disikapi secara tenang.

“Pemerintah sedang menyiapkan dan menggalakkan produk-produk khas lokal,” katanya.

“Mari kita lihat ini lebih tenang, lebih teduh,” ajak dia.

Kemudian, tak ada yang salah dengan pernyataan Jokowi soal kuliner Bipang Ambawang. Sehingga, pihak istana tak perlu memberi filter atas pernyataan Jokowi tersebut.

“Kalau dilihat dari orang mulai berlibur, kan bukan orang Islam yang hanya menggunakan waktu liburnya. Yang mudik ini bukan hanya orang Islam,” papar Ngabalin.

“Tidak ada yang perlu difilter, pernyataan itu tidak ada yang salah, salahnya di mana?” tanya dia.

Baca Juga : Larang Mudik, Jokowi Ajak Masyarakat Beli Bipang Secara Online, Bipang Ternyata?

Netizen banyak yang menyoroti bipang yang dinarasikan sebagai babi panggang yang termasuk makanan haram bagi umat Islam.

Mereka bahkan mempertanyakan mengapa Presiden Jokowi mempromosikan bipang Ambawang pada saat menjelang Lebaran.

“Waduh siapa sih yang bikin narasi untuk oleh² mudik “Bipang Ambawang” ? Gila ente bro, kepala negara Lo buat promosi kuliner “Babi Panggang” dalam suasana mudik lebaran,” kata akun @Nicho_Silalahi.

“Ngomong pesan Bipang (babi panggang) dalam konteks liburan lebaran tentu kurang elok. Tapi jangan lupa juga ada libur kenaikan Isa al Masih. Artinya, menyebut Bipang dalam konteks ini tentu bisa dipahami. Kelirunya itu gak semua konteks liburan disebutkan sedari awal. Heboh deh,” timpal akun @na_dirs.

“Hemat saya, bisa dipahami seorang Presiden mengajak membeli bipang, sejauh ajakan itu ditujukan untuk warganya yg tak mengharamkannya. Bukankah warganya tak semuanya muslim?” cuit @na_dirs.

Adapun sebelumnya potongan pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia untuk belanja online viral di media sosial.

Menurut Jokowi, semua makanan khas daerah bisa dipesan online sehingga masyarakat tak perlu mudik ke kapung halaman.

Hanya saja, dalam video itu Jokowi menyebut Bipang Ambawang asal Kalimantan sebagai salah satunya

Page Facebook : Suara Arah Publik

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top