Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Nasional

Anies Dipuji Sukses Atasi Banjir, Jansen: Mantap Juga Kerja Gubernur Jakarta

Anies Dipuji Sukses Atasi Banjir, Jansen: Mantap Juga Kerja Gubernur Jakarta

Anies Dipuji Sukses Atasi Banjir, Jansen: Mantap Juga Kerja Gubernur Jakarta

IKIZONE.COM, Suara Arah Publik – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai sukses mengatasi persoalan banjir yang kerap melanda ibu kota di awal tahun 2021 ini. Tidak seperti sebelum-sebelumnya, banjir DKI tahun ini jauh lebih cepat surut.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengungkapkan, bahwa berkat kerja keras Anies Baswedan beserta Pemda, DKI Jakarta hingga saat ini tidak terkena banjir meski diguyur hujan setiap hari.

“Harus saya akui minimal di daerah saya tinggal, sampai saat ini, mantap juga kerja Gub Anies dan Pemda @DKIJakarta. Sudah hujan terus tiap hari, belum banjir-banjir juga,” cuit Jansen melalui akun Twitternya, @jansen_jsp, dilihat Senin (15/2/2021).

Meskipun demikian Jansen mengaku bahwa di tempat tinggal dirinya memang sepat terjadi genangan, namun tidak berlangsung dalam waktu yang lama. “Kemarin sempat ada genangan dikit tapi langsung surut. Daerah lain aku tidak tahu jadi silahkan testimoni sendiri,” imbuhnya kemudian.

Baca Juga : Di Hadapan Jokowi, Anies Baswedan Sampaikan Jakarta Keluar dari 10 Kota Termacet Dunia

Dalam cuitan lainnya, Jansen Sitindaon juga mengungkapkan bahwa hujan yang terjadi di Jakarta akhir-akhir ini membuat banyak orang was-was karena hujan terjadi dengan curah tinggi, disertai angin kencang bahkan keluar di waktu dinihari dimana mayoritas orang tengah beristirahat tidur.

“Yang aku amati dan rasakan, ngerinya hujan sekarang ini minimal yang kulihat di tempatku: sudahlah deras sekali (curahnya tinggi), bersama petir dan angin kencang dia sering keluarnya dinihari,” tulisnya.

Sementara itu, politisi Gerindra yang juga anggota DPRD DKI Syarif juga menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sukses mengatasi banjir di awal tahun 2021.

“Perbandingan dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang pak Anies sudah bekerja dengan baik memberikan arahan kepada bawahannya supaya banjir tidak boleh lebih dari enam jam dan itu berhasil,” ucapnya.

Ia mengakui, ada genangan di sejumlah wilayah yang tak bisa surut dalam waktu enam jam, seperti di wilayah Kampung Melayu, Pejaten Timur, hingga Rawajati. Namun, menurutnya tempat-tempat itu bisa dikecualikan lantaran berada di wilayah rendah dengan kontur tanah cekung.

Selain itu, keberhasilan Anies mengatasi banjir juga bisa dilihat dari luas daerah terdampak. Menurutnya, banjir yang menerjang pekan lalu nyaris tak berdampak parah terhadap fasilitas umum di Jakarta. “Dampaknya terhadap fasilitas publik ini enggak separah tahun sebelumnya. Jadi dengan indikator itu, kita bisa katakan Anies berhasil menangani banjir,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengatasi banjir DKI, Gubernur Anies mengatakan, berbagai antisipasi sudah dilakukan Dinas Sumber Daya Air Proinsi DKI Jakarta, mulai dari gerebek lumpur, perbaikan gorong-gorong, pelebaran saluran air, serta persiapan pompa air.

Belajar dari pengalaman musim penghujan tahun-tahun sebelumnya, beberapa titik di Jakarta, khususnya di Jakarta Barat terkenal selalu banjir, salah satunya Duri Kepa. “Tahun ini dua pompa stasioner dan dua pompa mobile disiagakan dan beroperasi penuh di Rumah Pompa Kedoya Taman Ratu, mengendalikan debit air ke Kali Sekretaris,” kata Anies dalam unggahan instagramnya.

“Alhamdulillah, kita sama-sama rasakan hasilnya pada minggu lalu ketika hujan deras (7/2), Duri Kepa memang sempat tergenang tapi berkat kerja cepat jajaran Dinas SDA dapat surut dalam waktu kurang dari enam jam,” tuturnya.

“Teman-teman juga bisa membantu agar surut lebih cepat lagi, dengan mengecek saluran air depan rumah masing-masing, apakah lancar atau tersumbat? Segera foto dan laporkan lewat JAKI bila melihat genangan atau saluran air yang tersumbat. Semua laporan lewat JAKI akan otomatis menyertakan geotagging (waktu/ lokasi), bila melapor lewat kanal lain seperti media sosial mohon sertakan lokasi dan waktu agar kami lebih cepat menindaklanjutinya,” pinta Anies.

Page Facebook : Suara Arah Publik Indonesia

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top