Anies Luncurkan JAKWIFI, Sediakan Wi-Fi Gratis hingga ke Permukiman Padat

Anies Luncurkan JAKWIFI, Sediakan Wi-Fi Gratis hingga ke Permukiman Padat

Anies Luncurkan JAKWIFI, Sediakan Wi-Fi Gratis hingga ke Permukiman Padat
Anies Luncurkan JAKWIFI, Sediakan Wi-Fi Gratis hingga ke Permukiman Padat

SUARA ARAH PUBLIK, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Dinas Kominfotik meluncurkan program Internet Untuk Semua JAKWIFI sebagai upaya penyediaan akses internet gratis yang menjangkau semua warganya, bahkan hingga ke permukiman padat penduduk.

Peluncuran JAKWIFI ini merupakan kolaborasi dengan PT Bali Towerindo Sentra dan Asosiasi Penyelenggaran Jaringan Telekomuniaksi (APJATEL).

Dalam sambutannya, Anies mengungkapkan pandemi corona membuat masyarakat mengubah kebiasaannya di berbagai kegiatannya, karena ancaman COVID-19 yang begitu dekat.

“Ini simbolisasi komitmen memajukan Jakarta, memanfaatkan kesempatan ketika terjadi pandemi, begitu banyak kita yang harus ubah pola kerja, belajar, sesuatu yang biasanya jarak dekat sekarang serba dilakukan jarak jauh,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (28/8). 

Baca Juga : Usul Pecat Ahok, PKS: Pertamina Butuh Gagasan Besar, Bukan Omong Besar

“Kita bersyukur penandatanganan ini sekarang bekerja realisasikan penyediaan wi-fi gratis di Jakarta, namanya program wi-fi gratis,” lanjut dia.

Ia mengungkapkan penyediaan fasilitas akses internet di tengah pandemi ini justru bisa terealisasi lebih cepat. Sebab, berbagai kebutuhan di hampir setiap rumah kini membutuhkan akses internet.

“Hari ini akses wi-fi jadi kebutuhan sehari-hari di hampir semua rumah. Apalagi adanya kegiatan belajar jarak jauh membuat anak-anak kita yang harus belajar dari rumah punya tantangan sendiri. Berharap dengan akses gratis ini maka masyarakat Jakarta bisa terlibat di dalam kegiatan digital, bukan semata-mata sebagai konsumen atas informasi yang berada di dunia digital,” tutur Anies.

Tak hanya itu, Anies juga mendorong masyarakat Jakarta juga menjadi pembuat konten digital (content creator) lewat pemanfaatan akses wi-fi gratis ini. Sehingga, diharapkan masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga menciptakannya. 

Baca Juga : Pertamina Rugi Besar, Komisi VII DPR Akan Cecar Ahok & Kawan-kawan

“Indonesia penuh dengan orang kreatif, inovatif, begitu ada kesempatan mudah-mudahan Jakarta bisa melihat menjamurnya content creator dunia digital dari mana-mana. Karena mata tangan pendengaran orang kreatif amat berbeda, di Jakarta punya banyak potensi itu,” ujar dia.

“Juga untuk anak-anak kita yang nanti bisa belajar manfaatkan wi-fi gratis ini bisa ikut di dalam memberikan gagasan, ide, tentang proses pembelajaran jarak jauh yang lebih menyenangkan, yang lebih memudahkan. Karena pembelajaran jarak jauh itu amat menantang,” lanjutnya. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfotik DKI, Atika Nur Rahmania mengungkapkan program JAKWIFI dihadirkan sebagai solusi memperluas penyediaan akses wi-fi untuk warganya. Ditargetkan ribuan titik akses akan dibangun dalam beberapa tahun ke depan, khususnya di permukiman padat.

“Melalui penandatanganan bersama dengan penyedia jasa internet dan swasta lainnya, ditargetkan dua bulan ke depan 9.000 titik akses poin yang progresnya bisa dilihat di JAKI,” tutup Atika.

Baca Juga : Viral Para Menteri Kumpul di Bali Tak Pakai Masker, IDI Ingatkan Pejabat Harus Kasih Contoh

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat IKIZONE.COM, Suara …

Leave a Reply