Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Internasional

Biden Kirim Delegasi Ke Taiwan Berjumlah 3 Orang Sebagai Dukungan Terhadap Taiwan

Biden Kirim Delegasi Ke Taiwan

Di hari Selasa tanggal 13 bulan April tahun 2021 kemarin, pimpinan negara Amerika Serikat Joe Biden kirim delegasi ke Taiwan yang bersifat tidak resmi. Hal tersebut dilakukan oleh Biden sebagai tanda dukungan atas pulau tersebut. Dimana informasi ini diberikan oleh Jubir atau juru bicara dari departemen luar negeri dan juga pihak dari pejabat yang tergolong senior. 

Adapun nama dari pihak yang terlibat tersebut yaitu Chris Dodd selaku mantan senator. Serta ada juga mantan pejabat senior bernama James Steinberg dan satu lagi yaitu Richard Armitage. Delegasi dikirimkan oleh pihak Amerika dikarenakan negara Tirai Bambu, China sudah melakukan uji kekuatan pada pulau tersebut. Bagi yang ingin informasi lebih lanjut, silahkan simak pembahasan di bawah ini:

Pengiriman Delegasi 

Dipilihnya ketiga tokoh oleh Biden kirim delegasi ke Taiwan karena memiliki hubungan yang cukup dekat dengan presiden Amerika Serikat. Selain itu ketiganya juga merupakan kawan lama dari Taiwan itu sendiri. Hal ini juga bisa dijadikan sebuah pertanda akan komitmen yang dilakukan pihak Amerika terhadap pulau Taiwan beserta demokrasinya. 

Ketiga individu dari delegasi tadi diagendakan akan bertemu dengan para pejabat Taiwan yang telah masuk dalam kategori senior. Dimana agenda tersebut merupakan tugas dari pemimpin Amerika. Delegasi yang berlangsung dilakukan dengan tetap mengikuti sebuah tradisi yang sering disebut bipartisan. 

Pasalnya tradisi tersebut telah berlangsung dalam kurun waktu yang termasuk lama semenjak pihak Amerika mengirimkan sebuah delegasi. Dalam kategori tingkat tinggi pada Taiwan dengan cara yang tidak resmi. Tepatnya pada saat peristiwa peringatan penandatanganan undang-undang yang ke 42.

Dalam penandatanganan tersebut Beijing mengakui bahwa Taiwan masuk dalam wilayahnya. Walaupun pulau Taiwan sudah berpisah dalam kurun waktu lebih dari 7 dekade. Xi Jinping selaku presiden dari negara China mengungkapkan bahwa telah memberikan janji jika Beijing tidak akan melepaskan pulau tersebut untuk merdeka. Bahkan apabila diperlukan bisa digunakan kekuatan. 

Pesawat Tempur China Masuk Wilayah Taiwan 

Sebelumnya delegasi direncanakan akan bertemu dengan Presiden Taiwan pada hari Kamis tanggal 15 bulan April tahun ini. Dimana pengumuman ini diberikan oleh pihak kantor dari kepresidenan Taiwan. Sedangkan pada tanggal 14 bulan April dijadwalkan pihak delegasi sampai di bandara Songshan. 

Pihak China telah mengirimkan pesawat tempur dengan jumlah 25 unit di hari Senin yang ditujukan pada area identifikasi pertahanan udara pihak Taiwan. Berdasarkan penuturan yang diberikan oleh kementerian pertahanan Taiwan. Bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh pihak China di tempat tersebut. 

Terjadi semenjak Formosa secara rutin melakukan laporan tentang aktivitas tersebut di bulan September tahun 2020. Diberitakan bahwa tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Beijing semakin agresif ditujukan kepada Taiwan. Berdasarkan atas perhatian dan penglihatan yang dilakukan oleh Tony Blinken selaku Menteri Luar Negeri. 

Komitmen yang dilakukan berdasarkan undang-undang yang disebut bipartisan tersebut sebagai salah satu bentuk kepastian jika Taiwan mempunyai kemampuan untuk mempertahankan diri. Pasalnya komitmen tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun. Dengan kata lain pihak Washington tetap mempertahankan hubungan yang bersifat formal dengan Beijing dan hubungan yang bersifat informalnya dengan Taiwan. 

Demikian ulasan mengenai Biden kirim delegasi ke Taiwan yang berjumlah 3 orang. Dilakukan agar komitmen yang selama bertahun-tahun tetap terjalin berdasarkan undang-undang bipartisan. Pasalnya pihak Beijing yang didukung oleh Presiden China bersikeras untuk mempertahankan supaya Taiwan tidak merdeka dan tetap menjadi bagian dari RRC.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top