Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Ekonomi

Perubahan Besaran dan Cara Dapat Diskon PLN Mulai April Sampai Juni Mendatang

Cara Dapat Diskon PLN

Pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara kembali memberikan bantuan kepada masyarakat yang berdampak COVID. Bantuan ini merupakan bantuan yang kedua yang diberikan pemerintah pada biaya listrik sejak awal covid-19, Maret tahun lalu. Namun, kali ini terdapat beberapa perbedaan dalam segi besaran bantuan sampai cara dapat diskon PLN, berikut ulasannya simak di bawah ini:

Bantuan atau potongan listrik yang diberikan kali ini terdapat beberapa perbedaan dari tahun lalu. Sebelumnya, pemerintah memberikan potongan sepenuhnya atau gratis pada 450 VA, sementara pada besaran 900 VA mendapat setengah harga. Tahun ini, potongan tagihan lebih kecil yaitu separuh harga pada 450 VA, sementara pada 900 VA sebesar 25 persen.

Bantuan ini sendiri akan diberikan mulai April sampai Juni mendatang. Bantuan ini pun diyakini oleh PLN segera diterapkan sebagaimana mestinya. Pelanggan menengah kebawah beserta orang-orang yang memiliki usaha diharapkan mampu terbantu dan meringankan dampak akibat pandemi ini.

Sejak bantuan pertama pada April tahun lalu, PLN setidaknya mengeluarkan bantuan sebesar 13,5 triliun rupiah ke kurang lebih 33,02 juta pelanggannya. Kemudian, memasuki tahun 2021 hingga kini, pemerintah kembali menyalurkan bantuan senilai 4,66 triliun. Sehingga total kurang lebih 18 triliun rupiah dana dialokasikan PLN untuk bantuan ini.

Bob selaku Direktur PLN menyebut bahwa masyarakat perlu mengetahui bantuan atau potongan tagihan kali ini. Perubahan dalam besaran bantuan ini berarti masyarakat dengan listrik besaran 450 VA diharuskan kembali membayar tagihan. Meskipun begitu, potongan ini juga memberikan keringanan dari separuh harga bayarnya.

Rinci Bantuan

Berikut merupakan rinci bantuan yang akan diterapkan pada April sampai Juni nanti.

  • Pelanggan dengan daya listrik sebesar 450 VA mendapat separuh atau setengah potongan harga dengan syarat maksimal 720 jam penggunaan.
  • Masyarakat dengan daya listrik sebesar 900 VA mendapat 25 persen potongan harga dengan maksimal 720 jam penggunaan, namun dengan syarat hanya kepada 900 VA yang bersubsidi.
  • Potongan biaya separuhnya bagi masyarakat pelaku sosial, bisnis, ataupun industri dengan syarat ketentuan minimum rekening.

Bantuan atau subsidi tagihan ini juga didapatkan dengan cara yang lain pula dari sebelumnya. Jika, potongan didapat dengan token yang diakses melalui WhatsApp atau website PLN sebelumnya, kini cara dapat diskon PLN tidak dapat diakses melalui WA. Masyarakat yang memiliki listrik pasca bayar juga langsung menikmati potongan ketika membayar tagihannya.

Pembelian tokennya sendiri hanya bisa diakses lewat website PLN, tidak lagi lewat WhatsApp. Masyarakat hanya perlu mengakses website PLN lalu memilih Stimulus Covid-19. Pelanggan kemudian akan dimintai data listriknya mulai dari ID hingga daya yang dimiliki. Potongan harga kemudian akan muncul, dan kode token yang tertera dapat diisi ke meteran yang sesuai dengan ID.

Sementara untuk pelanggan PLN yang menggunakan pembayaran pasca bayar, bantuan ini didapat secara langsung ketika membayar tagihan. Sehingga, kali ini masyarakat yang menggunakan pasca bayar berdaya 450 diharuskan melakukan pembayaran tagihan. Namun, tetap mendapat keringanan senilai separuh harga.

Pada ketentuan ketiga, pelanggan usaha akan mendapat potongan juga secara langsung pada tagihan. Potongan ini sebesar 50 persen atau setengah dari total biaya tagihan. Namun, tetap dengan syarat biaya pemakaian pada rekening minimum.

Itulah rinci mengenai perubahan besaran bantuan dan cara dapat diskon PLN. Demi memberikan pelayanan yang maksimal, PLN juga terbuka untuk pengaduan. Pengaduan dan keluhan dapat disampaikan melalui aplikasi PLN Mobile di gawai. PLN akan menerima dan mengevaluasi keluhan yang disampaikan demi kepuasan masyarakat.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top