Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Ekonomi

Peningkatan Ekonomi Syariah Dinilai Masih Bisa Lebih Optimal

EKonomi syariah

Kabar positif bagi Indonesia di tengah pandemi COVID-19 yang mengkhawatirkan ini yaitu pertumbuhan ekonomi syariah yang kian membaik. Hal ini senada dengan yang disampaikan langsung oleh Gubernur BI, bahwa pertumbuhan ekonomi berbasis syariah ini selalu mengalami kemajuan tiap tahun.

Dalam data yang dihimpun global economic 2020, Indonesia bahkan berhasil menempati peringkat 4. Pertumbuhan ekonomi berbasis syariah Indonesia ini menjadi bahasan dalam rapat koordinasi nasional Badan Wakaf Indonesia (BWI) pada Selasa, 30 Maret lalu.

Dalam rapat tersebut, perkembangan ekonomi tentu disambut positif oleh para peserta rapat. Namun, Perry Warjiyo selaku gubernur Bank BI tetap mengingatkan agar kinerja ini terus ditingkatkan tiap tahunnya.

Menurut data dari ICD Definitif tahun 2020 Indonesia bahkan menempati urutan ke-2 dalam keuangan syariahnya. Gubernur BI tersebut juga menilai peran pemerintah tidak lepas dalam usaha memaksimalkan keuangan berbasis syariah ini.

Dibentuknya Komnas Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) merupakan salah satu bukti dukungan pemerintah untuk mengurusi perkembangan ekonomi syariah ini. Hal ini tentu perlu dilakukan dengan memperbaiki serta meningkatkan kinerja perbankan syariah di Indonesia.

Selain itu, aspek lain seperti wakaf, infaq, zakat, serta sedekah tentu bergantung pada peran masyarakat luas. Dalam rangka meningkatkan kepedulian pada hal tersebut, maka pemerintah turut berupaya meningkatkan literasi serta pemahaman terkait ekonomi berbasis syariah ini.

Diakui Menteri Ekonomi

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani mengatakan ekonomi berbasis syariah ini bisa menjadi sumber perekonomian yang menjanjikan. Dalam pandemi, Menkeu menilai ekonomi berbasis syariah justru mengalami peningkatan dalam hal target pasar. Selain itu, dalam hal konsumsi lima tahun terakhir Indonesia disebut mengalami peningkatan.

Dalam hal konsumsi pada sektor keuangan berbasis syariah, Indonesia sebelumnya, diproyeksikan sebesar 2 triliun dolar. Namun dalam lima tahun terakhir ternyata Indonesia mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen menjadi 2,4 triliun dolar. Hal ini tentu perlu diupayakan dengan memberi perhatian lebih pada sektor syariah.

Dinilai Wapres Dapat Lebih Optimal Lagi

Perkembangan ekonomi berbasis syariah ini juga disambut baik oleh Wapres, Ma’ruf Amin dalam konferensi ekonomi Rabu, 24 Maret lalu. Ma’ruf Amin menilai Indonesia masih mampu untuk lebih baik lagi mengingat potensi ekonomi nn konvensional ini hanya mencapai 7 hingga 8 persen.

Selain itu, dalam keuangan berbasis syariah Indonesia bahkan hanya 6,7 persen. Wapres menilai pembentukan KNEKS diharapkan mampu meningkatkan dan mengoptimalkan hal tersebut.

Melalui fokus pada pengembangan industri berbasis syariah atau halal potensi yang dimiliki Indonesia diharapkan mampu dioptimalkan lagi. Peluang Indonesia tentu cukup tinggi di aspek ini, terutama karena merupakan negara dengan mayoritas Islam paling besar di dunia.

Pengoptimalan industri berbasis syariah juga disebutkan oleh Wapres dapat diupayakan dengan empat strategi. Pertama, membangun halal industrial park (HIP), kemudian, menggabungkan bank berbasis syariah di Indonesia. Selanjutnya, mengoptimalkan dansos dari masyarakat, dan terakhir yang tak kalah penting adalah peran aktif dan partisipasi seluruh elemen dalam mendukung hal ini.

Pentingnya partisipasi aktif dari seluruh elemen disebut Ma’ruf Amin dapat mempengaruhi bagaimana strategi ini dapat berjalan. Upaya kolaborasi ini juga tengah diupayakan oleh pemerintah dengan menyelaraskan organisasi dan pihak terkait dalam bidang ini.

Selain itu, pemangku kepentingan di bidang ini, disebut dapat mengendalikan pergerakan perkembangan ekonomi berbasis syariah. Melalui peningkatan industri berbasis syariah, Indonesia kemudian dapat mulai menjadi produsen dan bukan hanya sekedar konsumen.

Inilah yang jadi fokus pengembangan nomor satu oleh KNEKS, yaitu pengoptimalan industri berbasis syariah atau halal. Selain itu, fokus KNEKS lainnya adalah optimalisasi keuangan syariah, dana sosial, dan usaha serta bisnis syariah yang dapat mengoptimalkan ekonomi syariah.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top