Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Daerah

Gempa Dahsyat Tibet, Waspada Keberadaan Gempa Saat Ini

Gempa Dahsyat Tibet

Memperingati gempa dahsyat Tibet 11 tahun silam di bulan April pertengahan, yang menewaskan 2.698. Dimana gempa tersebut terjadi di daerah yang jarang warga di Kabupaten Yushu, Tibet, Cina.  Berdasarkan data, dataran tinggi Tibet memang sering terjadi gempa bumi dan gempa Yushu ini berkekuatan 6,9 m.

Kejadian Gempa Dahsyat Tibet

Melihat fenomena gempa yang terjadi di Malang saat ini, mengingatkan pula pada gempa Tibet 2010 yang begitu dahsyat.  Terjadinya gempa Yushu ini pada waktu itu dilaporkan ada 11 sekolah rusak, namun tidak ada korban jiwa. Akibat gempa dahsyat Tibet, hampir seluruh bangunannya runtuh dan banyak orang terjebak serta kehilangan tempat tinggal.

Menurut pemerintah Provinsi Qinghai menyatakan bahwa saat itu memperbantukan sekitar 100.000 tenda darurat. Juga memberikan mantel,selimut kepada korban selamat untuk menghindari cuaca dingin, angin kencang hingga suhu 6 derajat celcius kala itu. Keberadaan medan yang sangat berat di area Tibet juga menjadi kendala tersendiri bagi Provinsi Qinghai.

Personel militer yaitu daerah provinsi Lanzhou membantu untuk mendistribusikan bantuan tersebut ke area yang sulit terjangkau. Kejadian ini juga menyebabkan bendungan Changu yang ada di bagian hulu Yushu mengalami kerusakan serta berpotensi runtuh.

Bantuan lain pun datang dari luar Provinsi Qinghai, seperti dari Republik Tiongkok ada Perhimpunan Palang Merah dengan bala bantuan 20 personel medis.  Tak lupa pula 1 ton obat-obatan serta perawatan juga dikirim ke Qinghai. Sementara itu, Palang Merah Amerika memberikan nominal bantuan hingga 50ribu dollar Amerika.

Yushu merupakan dataran tinggi dengan tinggi 4000 meter hal ini menyebabkan banyak tim penyelamat justru sakit. Akibat konsentrasi oksigen di daerah ketinggian di atas permukaan laut, bahkan 300 penyelamat Guangdong harus dievakuasi. Bahkan salah satu reporter Tiongkok meninggal, akibat kurang oksigen menyebabkan komplikasi paru-paru.

Mengenal Gempa Dahsyat Lainnya di Dunia

Tidak hanya gempa dahsyat Tibet saja yang terjadi di dunia. Ada jenis gempa lainnya yang ada di dunia, inilah gempa tersebut.

1. Gempa Denali

Gempa yang terjadi tahun 2002 di Denali, bagian Amerika Serikat dan termasuk ke dalam gempa yang sangat besar. Pusat gempa yang lokasinya terpencil, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya 20  rumah perahu di daerah New Orleans rusak. Tercatat geumpang ini mengguncang sekitar 6,9 di pedalaman Alaska, bulan November 2002.

2. Gempa Kashmir

Gempa yang paling mematikan di Asia Selatan ini terjadi tahun 2005 di bulan Oktober di Pakistan. Dengan kekuatan hingga 7,6 M terasa hingga India dan Cina. Sementara itu berdasarkan data, korban tewas hingga 100ribu orang. Dengan banyak kerusakan bangunan infrastruktur hingga 70%.

3. Gempa Izmit

Terjadi pada tahun 1999 bulan Agustus, gempa Izmit ini berada di Turki dengan korban jiwa hingga 17ribu.  Gempa Izmit berlangsung selama 37 detik dan mengakibatkan kehancuran bagi kota Izmit, Turki. Bahkan terdapat kerusakan yang parah pada jalan Trans-Eropa, sampai memicu adanya kilang minyak di Trupas yang terbakar.

4. Gempa Chile

Terjadi padat tahun 1960 dengan kekuatan gempa 9,5 m lebih besar dari  gempa tsunami Aceh. Bahkan waktu gempa Chile berlangsung hingga 11 menit. Menyebabkan kerusakan parah di berbagai tempat kemudian memicu juga Tsunami. Chile pada waktu itu sempat porak poranda.

Beberapa gempa yang menjadi sejarah di dunia dan merupakan gempa yang dahsyat. Memberikan gambaran momentum ingatnya gempa dahsyat Tibet. Gempa selalu menyisakan korban jiwa, kerusakan dan duka lara lainnya. Selalu berhati-hati dan siap siaga menghadapi bencana adalah salah satu cara memperkecil jumlah korban jiwa.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top