Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Business

Industri Perunggasan di Indonesia, Tantangan dan Solusi Terbaiknya

Industri Perunggasan di Indonesia

Industri Perunggasan di Indonesia membuka peluang lapangan kerja baru bagi para pekerja di Indonesia. Berdasarkan data dari INDEF ada sekitar 401 perusahaan perunggasan yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk jumlah pasokan ayam dan telur di Indonesia juga sangat banyak dan memiliki potensi stok yang banyak untuk masyarakat.

Tantangan Industri Perunggasan di Indonesia

Hal yang kini harus dihadapi oleh Industri perunggasan yang ada di Indonesia adalah tentang mutu, kualitas serta bahan pangan untuk unggas. Adapun beberapa masalah lain yang harus dihadapi oleh industri perunggasan di Indonesia meliputi hal berikut ini.

1. DOC

DOC merupakan Day Old Chicken yang belum memenuhi kebutuhan pakan. Belum lagi persaingan harga pakan dengan kualitasnya. Sementara pemilihan DOC ini juga berdasarkan pertimbangan harga yang murah. Ini yang menjadi tantangan besar dan menurut INDEF perlu adanya produksi DOC secara mandiri agar bisa menekan harga unggas di pasaran.

2. Ketergantungan Bahan Pakan Impor

Industri perunggasan di Indonesia memanfaatkan bahan pakan impor untuk kebutuhan pakan. Hal ini merujuk pada alasan bahwa bahan pakan impor lebih menjangkau dan berkualitas serta bersaing. Ini yang menjadi faktor dan pengaruh besar terhadap harga unggas yang dihasilkan di pasaran.

3. Persaingan Antar Perusahaan

Sudah menjadi hal yang tak asing lagi ketika terjadi persaingan antar perusahaan peternak unggas ini di pasaran. Masing-masing akan memberikan keunggulan hasilnya kepada masyarakat dan juga memperlihatkan mutu dan kualitas. Hal ini justru akan membuat keberadaan unggas di Indonesia semakin tidak stabil.

4. Harga Yang Belum Stabil

Harga yang belum stabil untuk unggas dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu adanya harga pakan. Adanya persaingan antar perusahaan juga perawatan unggas yang ada saat ini membuka peluang untuk berpengaruh pada harga unggas tersebut di pasaran. Dengan kata lain, ketidakstabilan harga ini yang membuat unggas di pasaran menjadi tidak menentu bahkan melambung tinggi kalah dengan unggas impor.

5. Standarisasi Kandang

Untuk bisa meningkatkan kualitas unggas yang ada maka dimulai dengan adanya standarisasi kandang. Menurut INDEF, pemerintah seharusnya sudah menentukan bagaimana perizinan, kandang harus sesuai ketentuan dan menginventarisasi peternak unggas. Mengapa demikian? Karena potensi industri perunggasan di Indonesia ini merupakan salah satu pondasi perekonomian.

6. Periode dan Siklus Ternak

Kontroling pada periode dan siklus ternak ini juga menjadi penting dimana industri perunggasan harus memperhatikan hal tersebut. Dengan adanya periode dan siklus ternak juga akan memberikan kestabilan pada harga yang ada dipasaran tidak terlalu rendah untuk harga unggas maupun telur unggas.

Tentang Industri Perunggasan di Indonesia

Sebagai pondasi ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hewani, industri perunggasan yang ada saat ini melakukan berbagai cara agar stabil. Dimana akibat pandemi mengalami berbagai tantangan karena ketidakstabilan harga unggas yang ada di pasaran. Bahkan mengalami kerugian yang nyatanya tidak sedikit terjadi.

Kementan dan Kemendag pun akhirnya memberikan bantuan dan upaya agar industri perunggasan bisa stabil kembali. Dengan mengeluarkan beberapa kebijakan industri untuk memberikan dorongan kepada industri, harga yang stabil dan melindungi konsumen. Seperti pengadaan cutting HE terkait pakan ternak berupa jagung yang tadinya melambung tinggi sekarang bisa stabil.

Hal ini membawa angin segar kepada seluruh komponen industri dalam menstabilkan dan menjaga produktivitas unggas. Dengan beberapa upaya dan kebijakan pemerintah ternyata mampu membuka jalan bagi dunia industri untuk bangkit kembali.

Dalam sektor peternakan ini terutama, diharapkan perunggasan dalam negeri mampu stabil dan tetap berjalan. Juga peran pemerintah dalam sektor pengawasan menjadi penting untuk bisa menstabilkan iklim perindustrian yang berjalan saat ini. Terutama dalam bantuan controlling untuk industri perunggasan yang harus terselamatkan dari isu serangan impor ayam Brazil.

 

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top