Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Internasional

Intelejen Inggris MI5 Resmi Memiliki Akun Instagram, Merupakan Langkah Keterbukaan

Intelejen Inggris MI5

Kabar terbaru kali datang dari negeri Ratu Elizabeth. Badan Intelejen Inggris MI5 disebut-sebut baru saja membuat gebrakan baru setelah pergantian pemimpinnya. Agensi ini dikabarkan telah membuat akun media sosial Instagram pada Kamis lalu. Langkah ini merupakan salah satu upaya badan keamanan khusus ini untuk memperkenalkan diri secara terbuka ke masyarakat.

Wajah Baru Intelejen Inggris

Keputusan ini kabarnya bermula ketika terjadi pergantian direktur jenderal dalam badan MI5 ini yaitu Ken McCallum. McCallum menyebut ingin membuat badan intelijen ini menjadi lebih terbuka dan dikenal kepada masyarakat luas. Keterbukaan ini diharapkan olehnya dapat menjadi kunci kesuksesan bagi MI5 di masa depan. Salah satu langkah awal dalam mencapai itu adalah melalui media sosial seperti Instagram.

Akun media sosial MI5 sendiri memiliki username @mi5official yang hari ini, Jumat 23 April tercatat telah memiliki sekitar 79 ribu pengikut. Lewat media sosial ini, nantinya Intelijen Inggris MI5 ingin lebih menjangkau masyarakat. McCallum ingin memperlihatkan wajah dari badan intelijen yang selama ini bersifat sangat rahasia kepada masyarakat. Langkah McCallum ini sendiri sebelumnya telah dilakukan agen keamanan GCHQ.

Akun ini nantinya akan membagikan dokumentasi dari kegiatan MI5, termasuk pameran museum yang terletak di ruang bawah tanah. Tidak hanya itu, akun ini nantinya juga akan memberikan klarifikasi terkait banyak hal yang selama ini dianggap mitos atau belum jelas di masyarakat. Oleh karena itu, nantinya sesi tanya jawab juga akan dilakukan dalam akun ini.

Selain itu, kegiatan yang berkaitan dengan rekrutmen juga nantinya akan dipublikasikan secara terbuka. Hal ini tentu sangat mengejutkan, mengingat badan intelijen ini disebut selalu melakukan rekrutmen secara tertutup dan rahasia. Langkah ini tentu akan menjadikan bentuk transparansi kepada masyarakat yang nantinya juga akan memberikan kepercayaan masyarakat.

Namun, McCallum juga menegaskan akan tetap melakukan berbagai tugasnya secara rahasia. Hal ini tentu menjadi satu hal yang penting mengingat badan intelijen memang selalu bergerak secara rahasia. Namun, keterbukaan ini diharapkan oleh McCallum dapat menjadi kunci kesuksesan badan intelijen ini di masa depan.

Telah Dikenalkan Ke Publik Sejak 1993

Badan intelijen ini sebenarnya telah dibentuk sejak awal abad 20 tepatnya pada tahun 1909. Kala itu perdana menteri Inggris yang tengah menjabat, Herbert Asquith membutuhkan badan intelijen sebagai respons dari ekspansi armada laut Jerman. Sejak saat itu, badan ini selalu bergerak secara rahasia dan tertutup bahkan jarang diketahui banyak orang.

Namun, meski berdiri selama lebih dari 100 tahun lalu, keterbukaan badan intelijen ini baru dilakukan pada tahun 1993. Hal itu bermula ketika Stella Rimington menjadi perempuan pertama dalam badan intelijen ini yang menjabat sebagai direktur jenderal. Stella sendiri merupakan anggota yang telah mengabdi kepada badan intelijen ini selama 22 tahun sebelum akhirnya diangkat menjadi direktur jenderal.

Pada tahun tersebut, dilakukan sesi pemotretan yang menjadi langkah publikasi badan ini kepada masyarakat. Beberapa wartawan pun diundang untuk meliput kegiatan mereka saat itu. Kala itu, kegiatan mereka disebut mayoritas berkaitan dengan teroris dalam negeri. Publikasi ini tentu menjadi titik awal keterbukaan MI5 kepada masyarakat.

Selain bertujuan untuk mengenalkan diri kepada masyarakat, langkah McCallum tampaknya juga berkaitan dengan beredarnya kabar simpang siur terkait badan ini. Pada tahun 2018, terdapat laporan yang menyebut struktur kelembagaan ini tidak beragam dan terkesan eksklusif. Laporan tersebut juga menyebut bahwa Intelijen Inggris MI5 gagal mencerminkan modernisasi Inggris dan menolak keragaman serta kesetaraan gender.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top