Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Daerah

Kabar Jepang Tetapkan Darurat Corona di Beberapa Kota Besar

Jepang Tetapkan Darurat Corona

Kabar terbaru datang dari negeri matahari terbit, Jepang. Diketahui berdasarkan sumber yang beredar di hari Jumat tanggal 23 bulan April kemarin Jepang tetapkan darurat corona di beberapa kota. Meliputi ibu kota sendiri yaitu Tokyo, kemudian ada Osaka, juga Kyoto, serta Hogo. Status darurat tersebut diberlakukan guna sebagai pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin parah. 

Pemberlakukan peraturan yang bakal dijalankan bersifat tegas dalam durasi waktu yang singkat. Dimana akan dimulainya status baru di beberapa titik kota tersebut pada tanggal 25 bulan April mendatang sampai dengan 11 bulan Mei. Bahkan penetapan kebijakan baru itu hanya berselang tiga minggu dari pelaksanaan olimpiade. Berikut informasi status darurat corona di Jepang:

Informasi Dari Menteri Keuangan 

Yasutoshi Nishimura selaku Menteri Keuangan negara Jepang memberikan beberapa informasi terkait diberlakukannya status baru tentang penyebaran virus Covid-19. Informasi tersebut meliputi penutupan sejumlah tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian. Seperti bar, restoran, serta tempat karaoke yang menjual minuman beralkohol juga tidak luput dari pengawasan. 

Sedangkan berbagai macam pertandingan olahraga diperbolehkan digelar dengan syarat tanpa adanya penonton yang menyertai. Ditambah dengan gerai yang termasuk waralaba serta ritel dengan luas bangunan mencapai 1000 meter juga diwajibkan untuk tutup. Tidak ketinggalan bahwa para pegawai diberlakukan aturan untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dari rumah oleh para pengusaha ataupun pihak dari perusahaan atas himbauan pemerintah. 

Adapun bagi pihak yang melanggar peraturan akan diberlakukan tindakan hukum secara tegas dan keras. Menurut yang dituturkan oleh Nishimura bahwa pembatasan yang dilakukan kepada pergerakan penduduk bersifat menyeluruh. Dengan dilengkapi tindakan fokus yang terukur serta tegas dalam durasi waktu yang singkat. 

Berita terkait Jepang tetapkan darurat corona ini telah terkonfirmasi diterima para pakar atas usulan dari pemerintah. Untuk itu secara resmi status baru tersebut akan diberitahukan oleh pihak terkait yang diwakilkan oleh Perdana Menteri negara Jepang bernama Yoshihide Suga ketika berlangsungnya jumpa pers. 

Tidak Memengaruhi Olimpiade Tokyo

Perihal status baru yang ditetapkan oleh negara Jepang tersebut mendapatkan komentar dari Presiden IOC bernama Thomas Bach. Dalam komentar yang disampaikan itu termuat sebuah penegasan bahwa status baru tidak mempengaruhi jalannya pertandingan olimpiade Jepang yang akan digelar. Tepatnya terjadi dan berlangsung di tanggal 23 bulan Juli sampai dengan tanggal 8 bulan Agustus mendatang. 

Bach juga menambahkan bahwasanya perubahan keadaan tidak memperbarui rencana pergelaran olimpiade yang telah direncanakan sebelumnya. Keputusan yang diambil oleh Bach ini menurutnya cukup sejalan dengan pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah negara Jepang beserta segenap otoritasnya. Hal ini disampaikan oleh Bach dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di hari Jumat kemarin. 

Melalui penjelasan yang diutarakan oleh Bach bahwa pihaknya dan juga panitia Jepang telah melakukan upaya dengan semaksimal mungkin agar olimpiade tetap digelar. Mengingat acara ini telah ditunda selama satu tahun. Walaupun demikian perhatian terhadap kesehatan dan juga keselamatan para atlet yang ikut berkompetisi tidak boleh terlewatkan. 

Demikian ulasan tentang Jepang tetapkan darurat corona sebagai upaya antisipasi penularan yang semakin meningkat. Pemberlakukan status baru terjadi di beberapa kota besar di negeri matahari terbit itu. Dalam masa waktu yang cukup singkat namun dilakukan dengan tindakan tegas dan keras terutama bagi para pelanggar. Dalam perubahan status yang terjadi, tidak membuat rencana olimpiade  yang akan digelar di Jepang pun menjadi terganggu, menurut Bach.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top