Jokowi Larang Warga Mudik, Permenhub Tak Larang Mudik Di Luar Wilayah Zona Merah Corona

Jokowi Larang Warga Mudik, Permenhub Tak Larang Mudik Di Luar Wilayah Zona Merah Corona
Jokowi Larang Warga Mudik, Permenhub Tak Larang Mudik Di Luar Wilayah Zona Merah Corona

SUARA ARAH PUBLIK, JAKARTAPeraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) soal larangan mudik 2020 tidak melarang mudik di luar daerah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mudik juga bisa dilakukan di luar zona merah Corona.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melarang semua warga Indonesia melakukan perjalanan mudik menjelang Lebaran 2020. Karena itu, Jokowi memutuskan larangan mudik tak hanya untuk ASN, TNI-Polri, dan pegawai BUMN. Namun, juga untuk semua masyarakat demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19 semakin meluas. Larangan mudik diberlakukan demi mencegah persebaran virus corona.

“Mudik semuanya akan kita larang. Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini disiapkan,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.”Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu, pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas, diakun YouTube Setpres (21/4/2020).

Presiden Jokowi mengatakan Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terdapat 68 persen warga yang menyatakan tidak akan mudik. Sementara sisanya bersikukuh mudik.

“Yang tetap bersikeras (ingin) mudik 24 persen. Yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Jokowi Melarang Semua Warga Mudik, Jika Nekat Bisa Dipenjara Setahun

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) soal larangan mudik 2020 tidak melarang mudik di luar daerah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mudik juga bisa dilakukan di luar zona merah Corona.

“Ya, betul,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengkonfirmasi aturan ini, Jumat (24/4/2020).

Adita menyebut aturan pelarangan mudik hanya berlaku di kawasan tertentu sudah dijelaskan sejak beberapa hari lalu. Tak semua wilayah di Indonesia memberlakukan PSBB, dan tidak semua wilayah di Indonesia adalah zona merah Corona. Apakah zona merah bisa diketahui secara umum?

“Iya diumumkan Kemenkes dan diberitakan di media,” kata Adita.

Berikut ini pasal dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19, yang menjelaskan bahwa larangan mudik hanya berlaku untuk PSBB dan zona merah Corona:

Pasal 1

(1) Pengendalian transportasi selama masa mudik idul fitri tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) dilakukan melalui larangan sementara penggunaan sarana transportasi.

(2) Larangan sementara penggunaan sarana transportasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku untuk:

  1. transportasi darat;
  2. transportasi perkeretaapian;
  3. transportasi laut; dan
  4. transportasi udara.

Transportasi darat:

Pasal 2

Larangan sementara penggunaan sarana transportasi darat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 berlaku untuk sarana

transportasi dengan tujuan keluar dan/atau masuk wilayah:

  1. pembatasan sosial berskala besar;
  2. zona merah penyebaran corona virus disease 2019 (covid19); dan
  3. aglomerasi yang telah ditetapkan sebagai wilayah pembatasan sosial berskala besar.

Baca Juga : Substansinya! Mau Mudik Atau Pulang Kampung, Sama-Sama Berpotensi Menyebar Virus Corona

Kereta api perkotaan:

Pasal 10

Larangan sementara perjalanan kereta api perkotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 huruf b dilaksanakan dengan ketentuan:

  1. pembatalan perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang yang masuk atau keluar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi;
  2. perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang selain sebagaimana dimaksud dalam huruf a diberlakukan pengaturan pembatasan sosial berskala besar di wilayah tersebut; dan
  3. perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang kereta rel listrik Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, diberlakukan pengaturan pembatasan sosial berskala besar di wilayah tersebut.

Kapal laut:

Pasal 13

(1) Larangan sementara penggunaan sarana transportasi laut sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) huruf

c berlaku untuk semua kapal penumpang.

(2) Larangan sementara penggunaan sarana transportasi laut sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku juga untuk:

  1. pengoperasian kapal penumpang yang melayani penumpang untuk pelayaran mudik dalam satu wilayah provinsi, kabupaten, atau kecamatan yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar; dan
  2. pelayaran antarprovinsi, kabupaten, atau kecamatan dengan ketentuan pelabuhan asal, singgah, atau tujuan merupakan wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar.

Penerbangan domestik:

Pasal 19

Larangan sementara penggunaan transportasi udara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) huruf d merupakan larangan kepada setiap warga negara melakukan perjalanan di dalam negeri melalui bandar udara dari dan ke

wilayah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala besar dan/atau zona merah penyebaran corona virus disease

2019 (covid-19) baik dengan menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Baca Juga : Hinca Pandjaitan: Kenapa Luhut Penentu Lockdown? Harusnya Presiden!!

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Permintaan MUI Soal Perpu Ditolak Jokowi, Tengku Zulkarnain: Terus yang Dia Dengarkan Siapa.?

Wakil Sekretaris MUI Meradang, Permintaan MUI Soal Perpu Ditolak Jokowi, Tengku Zulkarnain: Terus yang Dia Dengarkan Siapa.?

Permintaan MUI Soal Perpu Ditolak Jokowi, Tengku Zulkarnain: Terus yang Dia Dengarkan Siapa.? IKIZONE.COM, Suara …

Leave a Reply