Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Internasional

Ditentang UEFA dan FIFA, Kabar European Super League Kian Memanas

Kabar European Super League

Baru-baru ini sepakbola dunia tengah digemparkan oleh pemberitaan akan pembentukan kompetisi sepakbola Eropa dengan format baru. Kabar European Super League kemudian menyeruak di berbagai media seiring dengan klarifikasi dari klub-klub besar dunia.

Dikabarkan bahwa 12 klub besar Eropa saat ini telah melakukan konfirmasi melalui laman resmi masing-masing klub terkait keikutsertaannya dalam kompetisi ini. 12 klub Eropa tersebut dikabarkan setuju akan usulan ini meskipun diterpa pro dan kontra dari berbagai pihak.

Bahkan disebut juga masih terdapat tiga klub lagi yang akan mengonfirmasi keikutsertaannya dalam ajang ini. Jika demikian, ajang ini nantinya akan menjadi kompetisi tertinggi bagi klub-klub Eropa dan menggantikan Liga Champions di bawah naungan UEFA dan FIFA.

Apa itu Eurpoean Super League

ESL atau European Super League menjadi perbincangan yang sedang panas di dunia sepakbola terutama penggiat sepakbola Eropa. Kompetisi ini dikabarkan akan menjadi kompetisi tertinggi Eropa yang akan mempertemukan klub-klub yang dianggap terbaik hingga saat ini. 12 klub besar pun dikabarkan telah setuju dan mengonfirmasi akan keikutsertaan mereka di ajang ini.

Ajang ini sebenarnya mulai diinisiasi atas usulan dari Florentino Perez, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Real Madrid. Pada tahun 2009, dirinya pernah berujar akan pembentukan suatu kompetisi yang akan mempertemukan klub-klub terbaik Eropa. Namun, saat itu usulannya belum ditanggapi serius oleh banyak pihak.

Tiga tahun belakangan ini, usulan Perez tampaknya bukan hanya sekadar omong kosong belaka. Dirinya, dikabarkan serius akan rencananya membuat kompetisi tersebut. Pada tahun 2018, pemberitaan media sepakbola bahkan membocorkan akan adanya diskusi para petinggi klub untuk menggelar ajang ini. Tahun lalu, di tengah pengunduran dirinya sebagai Presiden Barcelona, Josep Bartomeu menyebut Barcelona telah menerima proposal ajang ini.

Format Kompetisi

Ajang ini nantinya akan berformat layaknya liga domestik dengan laga tandang-kandang dari klub yang bersaing. Kabar European Super League sejauh ini mengabarkan telah ada 12 klub besar yang akan mengikuti ajang ini. Klub tersebut di antaranya, enam klub besar dari Inggris yaitu duo manchester, Liverpool, Chelsea, Arsenal, serta Spurs.

Sementara dari Liga Italia, terdapat 3 klub besar yaitu Juventus dan duo Milan. Terakhir dari Liga Spanyol, dua klub yang dianggap poros kekuatan sepak bola saat ini, Barcelona dan Real Madrid serta diikuti Atletico Madrid juga telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka. Namun, masih terdapat 3 klub yang dikabarkan akan memberikan konfirmasi secepatnya yaitu De Bayern, Dortmund, serta Porto.

15 klub yang ini nantinya akan disebut sebagai klub pendiri dan akan menjadi anggota permanen ajang ini. Sementara itu masih terdapat 5 slot yang akan diisi dari tim-tim yang dinilai terbaik dari liga-liga domestik Eropa tiap musimnya. Sehingga total terdapat 20 klub yang akan meramaikan ajang ini nantinya.

20 klub tersebut nantinya akan dibentuk dengan dua grup yang masing-masing akan berlaga layaknya liga domestik pada umumnya. Pada akhirnya musimnya, tiga teratas dari dua grup tersebut akan dipertemukan di ajang perempat final. Sementara itu, pada posisi empat dan lima dari masing-masing grup harus mengikuti play-off terlebih dahulu sebelum memastikan diri dalam perempat final.

Ditentang UEFA

Di tengah kabar yang kian menghebohkan ini, UEFA bersama FIFA dikabarkan menentang keras akan ajang in. UEFA dan FIFA disebut akan memberikan sanksi tegas pada klub yang ikut serta dalam ajang ini. Klub tersebut nantinya akan dilarang mengikuti liga domestik serta liga champions, sementara para pemainnya juga akan dilarang memperkuat tim nasional negaranya masing-masing.

Namun, klub-klub yang ikut serta justru mengonfirmasi hal tersebut lewat laman resmi klub masing-masing yang membuat kabar European Super League kian memanas. Klub yang ikut serta masih berharap UEFA dan FIFA nantinya akan membuka kesempatan untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan ajang in. Sejauh ini bahkan struktur kepengurusan ajang ini telah dibentuk oleh petinggi klub.

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top