Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Nasional

Kapal Selam KRI Nanggala Hilang Kontak, 400 Personel Pencarian Dikerahkan

Kapal Selam KRI Nanggala

Kabar kurang mengenakan hari ini datang dunia militer Indonesia. Melalui konferensi pers, Kepala Pusat Penerangan Indonesia mengonfirmasi bahwa kapal selam KRI Nanggala mengalami kejadian kehilangan kontak pada Rabu kemarin. Kabar ini pun kemudian langsung ditanggapi satuan angkatan laut dan segera dilakukan proses pencarian sampai hari ini.

Kapal selam KRI Nanggala yang merupakan kekuatan militer Indonesia tersebut diketahui telah melaksanakan penyelaman pada pukul 03.46 pagi waktu indonesia tengah. Pada jam 4 paginya, Kapal tersebut kemudian meminta izin untuk melakukan penggenangan torpedo. Selang beberapa menit kemudian, ketika pangkalan hendak memberikan izin peluncuran, kapal ini tidak memberikan respons kembali dan sejak saat itu dikabarkan hilang kontak.

Kabar hilangnya kapal diperkirakan berlokasi pada sekitaran titik 60 miles atau kurang lebih berjarak 95 km dari pulau Bali. Sehingga fokus pencarian kemungkinan akan dilakukan di daerah kawasan lokasi itu. Hal ini pun telah dikonfirmasi langsung Jenderal Hadi Tjahjanto pada Rabu kemarin.

Kegiatan Pelatihan

Kapal ini kabarnya merupakan satuan pasukan yang hendak melakukan pelatihan peluncuran torpedo dalam gugus tugas angkatan laut. Namun, karena hilang kontak dan masih dilakukan pencarian, pelatihan pun akhirnya dibatalkan. Pelatihan ini sendiri dikabarkan rencananya akan dilangsungkan hari ini, Kamis 22 April dengan diikuti 21 kapal KRI, 2 buah kapal selam termasuk KRI Nanggala serta 5 pesawat tempur.

Kapal Selam KRI Nanggala sendiri merupakan Kapal Selam buatan Jerman yang telah menjadi bagian dari pertahanan Indonesia sejak tahun 1981. Sepanjang tahun itu pula kemungkinan kesalahan mesin atau gangguan teknis dimungkinkan menjadi akibat dari kejadian itu. Namun, kemungkinan lain penyebab hilang kontak ini juga masih dipelajari dan perlu proses penyelidikan lebih lanjut.

Proses Pencarian Telah Dilakukan

Sejak hilang kontak pada pukul 4 pagi waktu setempat, sejumlah personel disebut telah dikerahkan untuk melakukan pencarian di lokasi kejadian. Kepala Pusat Penerangan, Jenderal Achmad Riad juga menyebut telah dikerahkan sejumlah lima kapal termasuk KRI Rigel beserta satu helikopter telah diluncurkan. Total sekitar 400 orang personel kekuatan yang dikerahkan dalam pencarian ini.

Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto juga turut memberikan keterangan dalam konferensi pers di Bali, hari ini. Prabowo berujar bahwa pencarian telah dilakukan secara intensif dan seperti yang disampaikan Kapuspen, personel yang diturunkan juga dalam jumlah yang cukup. Menhan juga berharap proses pencarian dapat berjalan sebaik mungkin, dan kapal beserta orang didalamnya dapat ditemukan.

Sejauh ini bala bantuan juga sudah dikerahkan dari negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Singapura sendiri telah mengerahkan Kapal Bantuan Kecelakan Kapal Selam yang diprediksi akan segera sampai di hari Sabtu nanti. Sementara itu, Malaysia, telah mengerahkan Kapal Rescue MegaBakti diprediksi akan sampai di hari Senin nanti. Selain itu, personel Angkatan Laut dari negara India serta Australia juga dikabarkan akan segera mengirimkan bantuan.

Jumlah Awak Kapal

Saat ini telah dikonfirmasi bahwa sebanyak 53 orang tengah ikut dalam proses latihan di dalam kapal ini. 53 orang tersebut di antaranya 49 abk, beserta seorang komandan dan tiga orang angkatan bersenjata. Keluarga dari awak kapal yang berada di dalam KRI Nanggala pun dikabarkan sedang menunggu kepastian dari berlangsungnya proses pencarian ini.

Berdasarkan keterangan Kepala Staf AL, Kapal Selam KRI Nanggala dikabarkan masih memiliki persediaan oksigen. Persediaan oksigen tersebut dikabarkan mampu bertahan sekitar 72 jam dimulai dari kabar hilangnya kontak kapal. Oleh sebab itu, proses pencarian diharapkan akan segera berhasil sebelum cadangan oksigen diprediksi habis Sabtu dini hari nanti.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top