Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Nasional

Larang Mudik, Jokowi Ajak Masyarakat Beli Bipang Secara Online, Bipang Ternyata?

Larang Mudik, Jokowi Ajak Masyarakat Beli Bipang Secara Online, Bipang Ternyata?

Jokowi Ajak Masyarakat Beli Bipang

IKIZONE.COM, Suara Arah Publik – Pidato Presiden Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang menjadi perbincangan banyak pihak Lantaran mempromosikan kuliner bipang Ambawang saat lebaran Idul Fitri 1442 H. Atas promosi kuliner nusantara yang dinilai tak relevan dinarasikan dengan momen lebaran, Jokowi panen hujatan.

Bipang Ambawang yang disebut Jokowi adalah babi panggang khas Kalimantan Barat.. Jokowi pun mengajak masyarakat untuk membeli makanan lokal pada musim mudik 2021.

“Untuk bapak ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh tidak perlu ragu untuk memesannya secara online,” kata Jokowi dalam video yang yang disiarkan di stasiun televisi swasta, yang viral di media sosial (medsos), khususnya Twitter, Sabtu (8/5).

Dia pun mengajak masyarakat membeli berbagai makanan daerah. Hanya saja, terselip ajakan Jokowi untuk membeli bipang. Hal itu jelas menimbulkan kegaduhan di lini masa Twitter.

Baca Juga : Soal Ajakan Jokowi Beli Bipang atau Babi Panggang, Ngabalin: Salahnya di Mana?

Bipang makanan olahan babi panggang khas Dayak di Kalimantan Barat, menjadi sorotan publik. Pasalnya promosi tersebut disampaikan dalam pidato presiden yang konteksnya berkaitan dengan larangan mudik pada momen Lebaran 2021.

Warganet (netizen) pun mengingatkan Jokowi jika bipang itu adalah babi panggang. Sehingga tidak cocok dan bahkan haram bagi Muslim memakan makanan tersebut.

“Yang rindu makan gudeg Yogya, bandeng Semarang, siomai Bandung, pempek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, makanan kesukaan warga bisa diantar sampai ke rumah. “Atau kalau kita mengirimkan oleh-oleh atau hadiah di keluarga yang jauh, pakaian, cenderamata, dan berbagai jenis barang lainnya, tinggal pesan dan kirim secara online sehingga dapat diterima oleh keluarga atau sehabat kita di mana pun mereka berada.”

dalam pidato tersebut Presiden Jokowi dengan gamblang menyebut bipang ambawang yang merupakan kuliner babi panggang khas masyarakat Dayak.

Bipang Ambawang merupakan merek dagang usaha kuliner olahan babi dari Sungai Ambawang di Kalimantan Barat

Page Facebook : Suara Arah Publik

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top