Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Daerah

Megawati: Bencana Marak Terjadi karena Kelalaian Pemimpin Daerah

Megawati: Bencana Marak Terjadi karena Kelalaian Pemimpin Daerah

Megawati: Bencana Marak Terjadi karena Kelalaian Pemimpin Daerah

IKIZONE.COM, Suara Arah Publik –  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, ada keterkaitan antara bencana alam yang terjadi dengan kepemimpinan pemerintah daerah. Menurut Mega, peristiwa bencana tidak lepas dari kelalaian pemda.

Hal itu disampaikan Mega dalam Focus Group Discussion secara virtual bersama BMKG yang tayang di YouTube infoBMKG, Jumat (23/4/2021).

“Saya merasa bencana alam ini sebetulnya terjadi karena kelalaian termasuk dari pimpinan-pimpinan daerah,” kata Mega.

Menurut Mega, pemerintah daerah kurang menanggapi bahwa bencana alam sebenarnya bisa dimitigasi. Padahal, kata Mega, dampak dari bencana alam bisa dihindari lewat kesadaran manusia ditambah bantuan teknologi.

BACA JUGA: Effendi Gazali Kembalikan Gelar Guru Besar, Ini Alasannya!

“Bahwa ini sebenarnya bisa paling tidak dihindari dengan tentunya bantuan teknologi dan kesadaran manusianya sendiri,” ujar Mega.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu belakangan marak terjadi bencana alam di sejumlah daerah. Mulai banjir bandang, angin puting beliung, dan tanah longsor. Termutakhir bencana alam akibat badai siklon seroja di Nusa Tenggara Timur yang banyak menelan korban jiwa.

Tak hanya masalah penyelamatan diri, penanganan terhadap korban juga perlu perencanaan mendetail. Seringkali antara pengungsi korban, terutama perempuan, terjadi ketersinggungan karena keperluan pribadi mereka tak terpenuhi.

“Pengorganisasian bantuan harus dipikirkan. Pengalaman saya, mereka tersinggung, keperluan pribadi perempuan terlupakan,” ujar dia.

Sehingga pada saat penanganan bencana, Megawati menganjurkan perusahaan atau lembaga, memberikan bantuan sesuai ceklist yang telah direncanakan untuk penanganan korban bencana, sehingga lebih cepat dan tepat sasaran.

Megawati meluncurkan gerakan siaga bencana, yang ditandai dengan penyerahan tas siaga bencana secara virtua

PAGE FACEBOOK : IKIZONE.COM

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top