Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kota Dumai Akan Terapkan PSBB Senin 18 Mei 2020

Menjelang Hari Raya, Kota Dumai Akan Terapkan PSBB Senin 18 Mei 2020
Menjelang Hari Raya, Kota Dumai Akan Terapkan PSBB Senin 18 Mei 2020

SUARA ARAH PUBLIK, RIAUKota Dumai Akan Terapkan PSBB, Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kota Dumai akan diterapkan pada Senin 18 Mei 2020. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Dumai Herdi Salioso usai memimpin telekonferensi dengan Gubernur Riau Kamis (14/5/2020).

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kota Dumai akan diterapkan pada Senin 18 Mei 2020. Pemko akan melakukan sosialisasi secara massif.

“Sesuai arahan gubernur, seharusnya sudah dilaksanakan mulai Jumat (15/05/2020). Namun kita minta waktu mulai Senin. Nanti walikota dan ketua DPRD yang akan mengumumkannya,” terang Sekretaris Daerah Kota Dumai DR. H. Herdi Salioso SE, MA usai video conference dengan Gubernur Riau Kamis (14/05/2020) sore

“Paling lambat Senin (18/5/2020) PSBB sudah akan diterapkan di Dumai. Nanti walikota dan ketua DPRD Dumai yang akan mengumumkannya,” kata Herdi Salioso.

Kasus Covid 19, 14 Mei 2020
Kasus Covid 19, Kota Dumai

Diakui Sekda, rapat persiapan PSBB memang belum final. Rencananya akan dilakukan lagi rapat pemantapan Jumat (15/5) yang akan dipimpin langsung Walikota Dumai. “Namun secara umum PSBB akan diterapkan Senin mendatang,” tambah Herdi.

Baca Juga : Menteri Kesehatan Setujui PSBB di 5 Kabupaten dan Kota di Riau

PSBB sebenarnya sudah harus berjalan, namun Pemko minta waktu sampai Senin, karena tidak mau gegabah. “Sebelum PSBB diterapkan semua aspek harus kita pikirkan termasuk jaring pengaman Sosial, karena dampak yang ditimbulkan sangat besar, terutama masalah ekonomi,” terang Sekda.

“Untuk itu, sebelum PSBB dilaksanakan, harus sudah ada kesiapan seperti, jaringan pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 harus sudah diserahkan sebelum atau saat awal pelaksanaan PSBB diterapkan,” tukas Herdi Salioso.

Lanjutnya, masyarakat juga harus diberi pemahaman terkait PSBB, agar masyarakat mengetahui apa yang dibolehkan dan apa yang dilarang, sehingga masyarakat siap menghadapi PSBB.

“Termasuk sanksinya, dalam hal pemberian sanksi kami tidak ingin memberikan sanksi hukum atau kurungan, tetapi cukup dengan teguran saja, atau pendekatan persuasif apabila ada warga yang melanggar aturan dalam PSBB,” kata Herdi Salioso.

“Tadi dalam rapat juga telah kita bahas kesiapan Peraturan Daerah tentang PSBB. Melalui kesempatan ini kita sampaikan, Perda sudah kita siapkan termasuk Perwako yang mengatur teknis pelaksanaan PSBB di Kota Dumai,” Lanjut Herdi

Baca Juga : Belum Ada Vaksin, Jokowi Minta Warga Untuk Berdamai Dengan Corona

Tentang aturan hukum menyangkut pelaksanaan PSBB, Ranperdanya sudah siapkan. Termasuk Perwako yang mengatur teknis pelaksanaan PSBB di Kota Dumai.

“Ada dua konsep Perda, pertama memakai Perda Provinsi, kedua memakai Perda Kota Dumai. Draft nya sudah kita siapkan termasuk Perwako yang akan mengatur teknis pelaksanaan PSBB di Dumai,” paparnya.

Untuk anggarannya, dikatakannya biaya dikeluarkan mencapai Rp300 miliar. Namun kemampuan anggaran hanya mampu menyediakan dana sebesar Rp200 miliar.

Tahap pertama dana yang sudah di cairkan sebesar Rp26 miliar. Anggaran tersebut, diprioritaskan untuk jaringan pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Semoga penerapan PSBB tidak akan  lama, mengingat kondisi anggaran Pemerintah Kota Dumai yang sangat minim,” ucapnya.

Baca Juga : Perppu Corona Resmi Jadi UU, Nasir Djamil: Ngakunya Negara Hukum Tapi Buat Norma Ingin Kebal Hukum

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia, KPU Riau: Tidak Ada Penggantian Calon

Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia, KPU Riau: Tidak Ada Penggantian Calon

IKIZONE.COM, Suara Arah Public -Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dinyatakan meninggal dunia dinihari tadi setelah …

Leave a Reply