Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Internasional

Moto GP Mandalika Ditunda, Proyek Tetap Jalan dan Jadi Tuan Rumah WSBK 2021

Moto GP Mandalika Ditunda

Kabar kurang mengenakan kali ini hadir dalam ajang dunia olahraga balap motor. Ajang tertinggi balapan motor, Moto GP baru saja mengumumkan Moto GP Mandalika ditunda. Hal ini karena FIM menilai pandemi COVID-19 yang sedang terjadi akan menghambat jalannya kompetisi. Selain itu, setelah melakukan peninjauan FIM menilai Moto GP di Indonesia diundur menjadi tahun depan.

Pada awalnya, sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB ini direncanakan akan digunakan pada ajang balap Moto GP tahun ini. Sirkuit Mandalika tadinya akan menjadi tempat berlangsungnya seri ke-9 atau 10 tepatnya di bulan Oktober. Namun hal tersebut terpaksa harus dibatalkan dan tertunda hingga musim depan, padahal sirkuit Mandalika bahkan masuk dalam agenda cadangan Moto GP.

Menparekraf sendiri menyebut proyek pembangunan sirkuit ini telah berlangsung sebagaimana mestinya. Bahkan, proyek ini disebut oleh FIM dalam peninjauannya berlangsung sangat baik. Perencanaan menjadikan sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah Moto GP memang menjadi salah satu upaya menggaet wisatawan. Terlebih, lokasi sirkuit yang memiliki pemandangan yang sangat indah, di Lombok Tengah tersebut.

Proyek Tetap Berjalan, Sirkuit Tetap Dipersiapkan

Gagalnya Indonesia dalam menjadi tuan rumah Moto GP tahun ini tentu menjadi kekecewaan tersendiri bagi masyarakat. Namun, Sandiaga Uno selaku Menparekraf tetap menyebut persiapan sirkuit Mandalika akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Proyek ini tetap menjadi salah satu upaya meningkatkan dan memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia di mata dunia.

Sandiaga Uno juga menyebut dengan Moto GP Mandalika ditunda justru memberikan Indonesia waktu untuk lebih mengoptimalkan proyek ini. Sejak awal, proyek ini tampak memang menjadi fokus kemenparekraf untuk meningkatkan sektor pariwisata. Pihak Moto GP pun bahkan mengaku takjub ketika kunjungannya beberapa waktu lalu. Standar keselamatan tingkat internasional menjadi hal penting dalam pembangunan ini.

Dalam konferensi di Jakarta 12 April lalu, Sandiaga Uno juga menyebut waktu yang tersedia ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama dalam persiapan serta promosi sebab ajang Moto GP akan dihadiri oleh ribuan bahkan ratusan ribu orang nantinya. Hal ini untuk memastikan sirkuit Mandala akan lebih siap untuk ajang Moto GP tahun depan.

Selain itu, Sandiaga Uno juga menyebut akan memaksimalkan program pemerintah Dana Hibah Pariwisata 2021. Dalam program tersebut sektor pariwisata diberikan sejumlah dana untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitasnya. Sandiaga menyebut dana tersebut kini tidak hanya berfokus pada hotel atau restoran, tetapi juga destinasi wisata dalam bentuk lain.

Tetap Jadi Tuan Rumah World Superbike

Meski gagal jadi tuan rumah Moto GP tahun ini, Indonesia tampaknya masih harus bersyukur karena sirkuit ini tetap jadi tuan rumah balap motor tingkat dunia. WorldSBK, yang merupakan ajang balap motor superbike tingkat dunia akan digelar di sirkuit ini. Sebelumnya, WorldSBK memang telah menjadikan sirkuit ini menjadi salah satu seri dalam balapan musim ini.

Rencananya sirkuit Mandala nantinya akan menjadi tuan rumah dalam seri ke-11 ajang WorldSBK 2021 ini. Seri ke-11 sendiri akan berlangsung pada bulan November 2021 mendatang. Ajang ini tentu akan menjadi pembuktian akan kelayakan Indonesia dalam mempersiapkan ajang Moto GP di musim mendatang sekaligus membayar kekecewaan masyarakat Indonesia.

Pihak Dorna Sport selaku penyelenggara ajang Moto GP juga menyebut Indonesia akan tetap berpeluang jadi tuan rumah apabila terdapat seri di Asia Tenggara. Ajang ini nantinya akan menjadi tes bagi pembalap Moto GP di Asia. Hal ini tentu diharapkan pihak Dorna Sport dapat membayar kekecewaan masyarakat Indonesia karena seri Moto GP Mandalika Ditunda.

 

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top