Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Daerah

Informasi Terkini Kebijakn Mudik Lokal Jelang Lebaran 2021

Mudik Lokal Jelang Lebaran

Kian ramai tersiar kabar pemerintah memberikan keleluasaan pergerakan antar kota di sejumlah daerah pada lebaran depan. Asalkan, pergerakan tersebut masih berada dalam cakupan wilayah mudik lokal jelang lebaran yang ditetapkan. Bagaimanakah sebenarnya inti kebijakan ini?

Lalu, wilayah mana saja yang masuk cakupannya? Sebaiknya simak ulasan berikut dengan seksama untuk mendapat informasinya!

Inti Kebijakan Mudik Lokal Jelang Lebaran

Seperti embusan angin segar, informasi kebijakan mudik lokal jelang lebaran tahun ini, membuat masyarakat yang memiliki kepentingan merasa lega dan bersyukur. Seolah hal tersebut, membebaskan masyarakat dari rasa was-was, khawatir, dan kebimbangan yang begitu menyesakkan dada. 

Selepas begitu maraknya kabar burung tentang larangan mudik lebaran yang beredar beberapa waktu belakangan. Sontak, saat pemberitaan ini muncul, menjadikan besar harapan bagi masyarakat untuk dapat pulang ke kampung halaman tahun ini.

Pada periode larangan mudik lebaran terjadwal 6-17 Mei 2021 mendatang, Korlantas Polri mengizinkan adanya mobilitas di wilayah cakupan kota-kota penyangga. Tapi, tetap harus mematuhi sejumlah mekanisme yang diberlakukan.

Akan ada pengecekan khusus terkait konfirmasi tujuan mudik saat melintasi sejumlah titik penjagaan tersedia. Laiknya penuturan Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Rudi Antariksawan saat ditemui wartawan.

Pihaknya menyatakan bahwa tidak akan melakukan tindak pencekalan apabila setelah dilakukan pengecekan, diketahui tujuan pemudik masuk dalam cakupan kota aglomerasi.

Perlu untuk diketahui bahwa aglomerasi merupakan perpanjangan antara wilayah kota besar yang menjadi pusat dan kabupaten di sekitar. Wilayah-wilayah ini terhubung secara lokasi geografis yang berkesinambungan antara satu dengan yang lain.

Selain itu juga harus mencirikan hubungan pada kawasan pertumbuhan ekonomis strategis, semisal daerah Jabodetabek atau wilayah aglomerasi Bandung Raya. Adapun terkait mekanisme pengecekannya, maka para calon pemudik harus menyiapkan sejumlah dokumen yang dijadikan validasi kota tujuan.

Semisal dengan menunjukan kartu identitas berupa KTP. Jika ternyata, KTP pemudik sesuai dengan cakupan aglomerasi yang mendapat pengecualian larangan mudik lebaran, maka pemudik bebas melanjutkan perjalanannya. Jika tidak, maka akan diminta putar balik.

Lebih lanjut lagi, Kombes Pol Rudy juga memberi kabar baik, bahwa kebijakan ini juga berlaku untuk daerah wisata yang berada dalam cakupan. Asal kapasitas pengunjung yang diperbolehkan hanya sekitar 50% saja dari jumlah kunjungan wisatawan biasanya. Selain juga hanya diperuntukan bagi turis lokal yang tinggal di sekitar lokasi dibukanya wisata tersebut. 

Sejumlah Wilayah Cakupan Kebijakan

Terkait daerah yang menjadi cakupan kebijakan ini, maka mengacu pada apa yang disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub pada waktu sebelumnya. Yakni, sejumlah wilayah yang termasuk dalam cakupan aglomerasi pada kebijakan ini meliputi:

  • Daerah Pertumbuhan Strategis Jabodetabek (Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi.);
  • Wilayah sekitaran Bandung Raya;
  • Kabupaten dan Kota sekitar Semarang, Purwodadi, Ungaran, Kendal, dan Demak;
  • Sekitaran Jogja Raya
  • Seputar Solo Raya
  • Wilayah ekonomi strategis Jawa Timur, meliputi Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, hingga Lamongan) dan Bangil; 
  • Karo, Deli Serdang, Binjai, Medan; dan
  • Beberapa wilayah seperti Makassar, Maros, Takalar, Sungguminasa, serta Takalar.

Terakhir demi mengawal kebijakan ini berjalan dengan baik maka akan ada integrasi dari pihak-pihak terkait. Semisal akan ada sekira 333 titik penyekatan yang dibuat Polri di sepanjang rute Lampung-Bali.

Di samping itu, untuk Kemenhub juga memiliki peran dalam memberlakukan peraturan larangan beroperasi bagi sejumlah moda transportasi darat, udara, laut saat kebijakan diterapkan.

Bagaimana, setelah menyimak kebijakan mudik lokal jelang lebaran tahun 2021 ini? Adakah kota tujuan mudik masuk dalam daftar yang disebutkan di atas? Jika iya, selamat merencanakan perjalanan ke kampung halaman dan tetap pastikan keamanan dan kelengkapan dokumen yang diperlukan. 

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top