PANAS !!! Debat Dr.Rizal Ramli VS Luhut Pandjaitan, Akan Tersaji….

PANAS !!! Debat Dr.Rizal Ramli VS Luhut Pandjaitan, Akan Tersaji….
PANAS !!! Debat Dr.Rizal Ramli VS Luhut Pandjaitan, Akan Tersaji….

SUARA ARAH PUBLIK, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan siap menantang debat ekonom senior Rizal Ramli pada Kamis, (11/6). Ekonom senior Rizal Ramli menjawab tantangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta agar para pengkritik utang pemerintah menemui dirinya.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan bahwa pihaknya telah mengundang mantan Menko Ekuin era Pemerintahan Abdurrahman Wahid itu melalui pesan singkat untuk menghadiri debat tersebut.

Selain Rizal Ramli, Luhut juga turut mengundang Dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Djamester Simarmata untuk berdebat terkait Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada pukul 09.30 WIB.

“Rencananya kami akan mengundang beliau dalam minggu ini untuk berdiskusi melihat analisis data-data yang disampaikan dan dasar-dasar keilmuan yang digunakan. Dari kami sudah sampaikan jadwalnya, tinggal tunggu konfirmasi Pak Djamester,” ujar Jodi, Rabu (10/6/2020)

Baca Juga : Luhut Tantang Pengkritik Utang, DR.Djamester Terima Tantangan, PKS: Debat Harus di Fasilitasi

Jodi mengatakan, Djamester selama ini kerap memberikan masukan bagi kabinet Presiden Jokowi. Terkait masukkan itulah, Luhut mengundang langsung untuk bertatap muka.

“Kita kan mau diskusinya ilmiah. Pak luhut sangat mengapresiasi permintaan dari Djamester Simarmata, beliau sudah memberikan pesan kepada kami concern-concern beliau dilengkapi dengan data-data yang lengkap serta analisis berdasarkan penelitian,” ujarnya.

Sebelumnya, Rizal Ramli menyatakan kesiapannya untuk meladeni tantangan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam berdebat soal utang negara. Bahkan, Rizal Ramli juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama tim ekonomi lainnya agar turut serta dalam perdebatan tersebut.

“Awalnya Rizal Ramli tidak setuju. Dia bilang tidak usah diladeni. Tapi karena ditawarkan oleh promotor dari Prodem, akan berdebat satu paket dengan tim ekonomi Jokowi, termasuk Menkeu Sri Mulyani, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, maka dia (Rizal Ramli) mau,” ujar Juru Bicara Rizal Ramli, Adhie Massardi dalam jumpa pers di bilangan Tebet, Jakarta, Rabu (10/5/5/2020).

Baca Juga : Luhut, China Kekuatan Dunia, Jangan Berpikiran Sempit Soal Investasi China

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) ini menambahkan, agar debat menjadi serius, Rizal Ramli  bahkan mengusulkan harus ada punishment.

Kalau Rizal Ramli kalah, dia tidak akan mengeritik pemerintah lagi. Sementara kalau RR, sapaannya menang, dia minta semua tim ekonomi mundur.

“Ini ‘new democracy‘ (demokrasi baru) karena kita terpapar virus demokrasi yang tidak ada manfaatnya untuk rakyat. Rizal mendukung gagasan debat dari Prodem,” sambung Adhie.

Adhie menegaskan, antara Luhut Binsar Panjaitan dengan Rizal Ramli bersahabat sudah sangat lama. Apalagi sama-sama di kabinet Gus Dur.

Dia mengatakan bahwa kader-kader demokrasi mendatang harus memiliki legasi, bahwa ada tokoh-tokoh pe dahulu yang menghormati demokrasi. Harapannya, ke depan demokrasi dan pemerintahan lebih baik.

“RR tidak lihat Luhut sebagai personal tapi representasi kabinet Jokowi. Oleh karena itu, dia menjawab tantangan, dan ini bukan personal. Konsep ekonomi itu penting, tidak bisa serampangan dan makin lama makin berantakan. Saatnya menguji konsep ekonomi utama pemerintah,” tandas Juru Bicara Presiden era Gus Dur ini.

Baca Juga : Luhut Sempat Rayu Bupati Konawe Kery Saiful Untuk Loloskan 500 TKA Asal China

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule mengungkapkan, kesediaan Rizal Ramli menjawab tantangan debat Luhut berdasarkan permintaan pihaknya.

“Saya harus mencari siapa lawan yang patut untuk disandingkan dengan saudara Luhut Binsar Panjaitan. Nah pilihan itu kemudian menurut kami dari aktivis prodemokrasi, kami melihat bahwa Bang Rizal Ramli adalah sosok yang paling tepat untuk menghadapi, menjawab tantangan daripada Menko Investasi Saudara Luhut Pandjaitan,” ujar Iwan Sumule.

Rizal, kata Iwan, juga menjelaskan alasan permintaannya agar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga dihadirkan dalam perdebatan soal utang luar negeri.

“Kita tahu bahwa pertanggungjawaban sebenarnya persoalan soal utang negara itu ada di Menteri Keuangan. Nah ini kemudian kami sampaikan kepada Rizal Ramli berkali-kali, kami datang kepada Rizal Ramli untuk mendesak supaya menjawab tantangan itu dan akhirnya Bang Rizal Ramli menyatakan kesiapannya,” ujarnya.

Pihaknya pun menyampaikan pesan ke Kementerian yang dipimpin Luhut bahwa Rizal Ramli bersedia menjawab tantangan debat

Baca Juga : Mahathir Mohamad Beri Peringatan Buat Negara yang Pernah Berhutang ke China: Ini Jebakan!

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Indonesia Siap Terima Eksodus Investor dari Tiongkok

Indonesia Siap Terima Eksodus Investor dari Tiongkok

Indonesia Siap Terima Investor dari Tiongkok, China, Berita terkini, viral, Berita hari ini, SUARA ARAH …

Leave a Reply