Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Politik

PDIP Gelorakan Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan

PDIP Gelorakan Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan

PDIP Gelorakan Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan

IKIZONE.COM, Suara Arah Public – DPP PDI Perjuangan (PDIP) meresmikan Rumah Budaya di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (28/3/2021). Melalui Rumah Budaya, PDIP mengajak masyarakat untuk menggelorakan kebudayaan.

“Dengan Rumah Budaya, kita gelorakan budaya Nusantara. Untuk menunjukkan inilah Indonesia kita. Inilah gerak PDI Perjuangan dengan seluruh kebudayaan agar kita benar-benar berkepribadian di dalam kebudayaan,” kata Hasto.

Hasto menjelaskan Presiden pertama Soekarno sudah menyebut bahwa Indonesia harus berkepribadian dalam kebudayaan. Melalui bimbingan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, lanjut Hasto, PDIP ingin mengumandangkannya ke seluruh Nusantara agar terus menjadi kesadaran kultural.

Hal itu semakin penting, terlebih hari ini Indonesia sedang berada di tengah gempuran budaya-budaya asing yang bisa mengganggu kerukunan bangsa. Baru saja Indonesia dikejutkan dengan teror bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kita sungguh berduka, kesekian kalinya ada bom bunuh diri. Suatu gerakan anti kemanusiaan yang mengoyak rasa kemanusiaan kita. Belajar dari hal tersebut, maka Pancasila betul-betul harus dibumikan. Jalan kebudayaan, melalui Rumah Budaya yang hari ini diresmikan, kita terus menggelorakan Nusantara yang begitu kaya nilai-nilai budaya yang berwarna,” kata Hasto.

Baca Juga : Santer 2 Nama Terkuat yang Diprediksi Menjadi Kandidat Pengganti Megawati di PDI-P

Sementara itu, Ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Pusat PDIP, Aria Bima berterima kasih kepada Megawati dan jajaran DPP PDIP atas kepercayaan dan kehormatan kepada BKN. Aria menegaskan pihaknya akan bergerak dengan berbagai aktivitas kesenian rakyat yang akan dikolaborasikan dengan seluruh badan kebudayaan di tingkat provinsi, kabupaten/kota.

“Dengan Rumah Budaya, kita harus kontekstualisasikan Pancasila dengan lebih smart, kreatif, mendorong persatuan, kesejukan, dan narasi perdamaian. Kami harap dukungan seluruh rakyat untuk bisa melaksanakannya. khususnya kaum milenial,” kata Aria.

Bendahara BKN Pusat PDIP, Vita Ervina menyatakan peran orang muda Indonesia menjaga kebudayaan sangat dibutuhkan. Baginya, posisi anak muda begitu penting. Generasi muda memiliki potensi besar dengan dinamis dan kreativitasnya yang melimpah.

“Sehingga orang muda Indonesia bisa mengembangkan budaya sendiri dengan kreativitasnya, sehingga bisa semakin memajukan karya budaya berbasis kebudayaan Indonesia,” kata Vita.

Sekretaris BKN Pusat PDIP, Rano Karno menyebut saat ini banyak orang muda Indonesia aktif di media sosial (medsos). Menurut Rano, pemuda Indonesia bisa mengisi kontennya di medsos dengan kreativitas di bidang kebudayaan Indonesia. Dengan begitu, kebudayaan Indonesia akan semakin didengar oleh dunia.

“Kami mengajak anak muda Indonesia berkreativitas menciptakan konten kebudayaan yang tak hanya melestarikan tradisi kita, namun justru mengembangkan budaya asli sesuai dengan kemajuan zaman,” kata Rano

Page Facebook : ikizone.com

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top