Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Ekonomi

Pemerintah Susun UU Kewirausahaan, Salah Satu Usaha Memperbaiki Ekonomi

Pemerintah Susun UU Kewirausahaan

Adanya  pandemic Covd-19 sejak 2 tahun silam ini memang berdampak bagi beberapa aspek seperti halnya ekonomi. Perputaran ekonomi yang sangat lambat bahkan diluar perkiraan yang sebelumnya, sehingga pemerintah susun UU Kewirausahaan pada tahun ini. Adanya UU tersebut diharapkan mampu mencetak banyaknya pengusaha di Indonesia.

Usaha untuk mencetak wirausaha in diharapkan 3 tahun kedepan bisa mencapai 4% meskipun saat ini hanya baru 3,47%. Yang menjadi target yaitu bahwa untuk bisa menjadi Negara yang maju, tentu persentase dari wirausaha harus 4% lebih. Mengingat Indonesia memiliki angka yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya terlebih di Kawasan Asia Tenggara. Untuk lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini!

Undang-Undang Menjadikan Banyaknya Pelaku Usaha

Dengan adanya upaya pemerintah susun UU Kewirausahaan ini, tentu diharapkan agar banyak pelaku usaha atau pengusaha yang ada di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya payung hukum yang disiapkan oleh pemerintahan. Sebuah Perpres Kewirausahaan mengupayakan agar ekonomi yang ada di Indonesia bisa stabil bahkan naik.

UU Kewirausaha ini diharapkan mampu menggenjok angka kewirausaan sehingga masyarakat bisa mandiri serta mengoptimalkan keterampilan yang ada menjadi upaya untuk memajukan Negara. Untuk UU Kewirausahaan ini bahkan juga sejalan dengan adanya UU Cipta Kerja yang telah diterbitkan pada tahun 2020 lalu. Meskipun begitu, UU Cipta Kerja sendiri saat ini masih mengalami simpang siur diterima atau tidak oleh masyarakat.

Pada dasarnya terciptanya Undang-Undang ini diharapkan bahwa perizinan dan juga pembiayaan untuk usaha akan lebih mudah. Bagi calon pengusaha baru juga tidak bingung ketika hendak membuat sebuah usaha baru.

 Imbas Kepada Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau yang sering dikenal dengan istilah KUR setelah adanya UU ini memang mengalami beberapa perubahan baik dari sector syarat dan juga jumlah. UMKM yangtelah ada diharapan mampu mengembangan kapasitas usaha. Jumlah KUR Maksimal yang diberikan yaitu hanya sampai pada lima ratus juta saja.

Adanya pembatasan jumlah KUR tersebut diharapkan mampu mengembangkan tingkat usaha yang tadinya mikro menjadi makro bahkan jumlah wirausaha yang lebih banyak lagi. Ketika jumlah usaha meningkat, tentu ekonomi suatu Negara akan lebih stabil dan juga memiliki pendapatan yang lebih besar.

Perlunya Keterlibatan Dari UMKM

Adanya Undang-undag ini memang memiliki keterlibatan yangs angat erat dengan  UMKM dan juga beberapa wirausaha pemula. Karena hendak mencetak sebuah angka ekonomi yang tinggi, tentu semuanya berawal dari para pelaku usaha kecil dan juga menengah yang memang harus ditingkatkan.  Alokasi dari APBN untuk kewirausahaan bahkan juga ditargetkan sekurang-kurangnya mencapai 5% dan juga 40% dari bank umum lainnya.

Salah satu aset bangsa yang sangat berharga yaitu sebuah wirausaha. UMKM sangat perimbas banyak pada sektor ekonomi yang ada di sebuah Negara, hal ini menjadikan alasan pembebasan surat izin dan juga kemudahan dalam pembiayaan wirausaha sangat ditekankan.

Mengantisipasi Perdagangan Lintas Batas

Adanya undang-undang kewirausahaan ini diharapkan mampu mengatasi sebuah perdagangan lintas batas akibat dari teknologi yang semakin canggih. Ketika pemerintah bisa fokus pada pengembangan UKM, tentu akan memberikan kemudahan dalam mendorong kemitraan perusahaan besar dengan salah satu pelaku UKM.

Adanya koordinasi yang baik dari Kementerian bersangkutan bisa memberikan langkah awal untuk mengatasi perdagangan lintas batas yang mungkin terjadi beberapa tahun kemudian. Dengan UU Kewirausahaan ini diharapkan mampu menjadi kontribusi dan juga semangat pemerintah dalam memperbaiki iklim investasi.

Adanya upaya pemerintah susun UU Kewirausahaan ini tentu akan menjadi salah satu upaya agar bisa mengoptimalkan ekonomi yang ada. Kapasitas usaha yang meningkat akan memberikan kontribusi yang nyata bagi Negara.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top