Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Hukum

Dilaporkan Penyidik KPK Peras Walikota Tanjungbalai Senilai 1,5 Miliyar

Penyidik KPK Peras Walkot Tanjungbalai

Diberitakan dewan pengawas KPK menyebut pihaknya telah menerima bahwa ada penyidik KPK peras Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial. Hal ini didukung dengan kebenaran adanya kegiatan penyidikan di Tanjungbalai oleh tim penyidik KPK. Namun, dipastikan tidak ada operasi tangkap tangan untuk menjawab informasi adanya tim KPK yang menggeledah rumah pribadi Wali Kota.

Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo memberikan keterangan resmi tak lama setelah kabar tersebut diungkap Dewan pengawas KPK. Dirinya menuturkan bahwa Divisi Propam Polri bersama KPK mengamankan salah satu penyidik berinisial SR berpangkat Ajun Komisaris Polisi. SR diamankan karena dugaan pemerasan terhadap Wali Kota Tanjungbalai itu.

Menurut Sambo, penyidikan dilakukan oleh KPK dengan koordinasi bersama Divisi Propam Polri. Ketua KPK, Firli Bahuri menegaskan KPK memastikan akan menindak pelaku korupsi tanpa pandang bulu. Dengan prinsip tanpa toleransi atau zero tolerance untuk perkara semacam itu. Dia mengungkapkan, KPK saat ini sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana dimaksud.

Laporan menyebut kasus penyidik KPK peras Walikota Tanjungbalai itu setelah dewan pengawas menerima informasi lisan dari pelapor. Nominal sebesar Rp1,5 miliar dimintakan agar penyidik menghentikan kasus yang diduga melibatkan Syahrial. Diketahui SR sendiri merupakan anggota Polri yang ditugaskan di Komisi Pemberantas Korupsi itu.

Komisaris Jenderal Polisi itu menerangkan, penyelidikan dilakukan dengan meminta keterangan serta pengumpulan bukti permulaan lainnya. Sedangkan hasil penyelidikan akan ditindaklanjuti terlebih dulu dengan segera di gelar perkara forum expose pimpinan. Sehingga perkembangan lebih lanjutnya akan diinformasikan kemudian.

Kasus Tengah Diusut KPK

Pada pekan ini, memang dilakukan penyidikan terkait dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji mutasi jabatan di Pemerintah Kota Tanjungbalai 2019. Bermula setelah KPK menemukan dua bukti dan pengumpulan alat bukti dilanjutkan untuk melengkapi berkas perkara. Hal ini sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri.

Meski demikian, lembaga anti rasuah itu masih belum mengungkapkan konstruksi perkara dan para pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangkak. Amli menyebut KPK akan menyampaikan kronologis perkara dan alat buktinya kepada masyarakat mengenai saat waktunya nanti. Termasuk penjelaskan mengenai  siapa pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya.

KPK berkomitmen akan terbuka terkait informasi dan akan selalu menyampaikan perkembangan penanganan kasus tersebut. Adanya proses penyidikan, pastinya KPK telah menetapkan tersangka utama dalam perkara. Namun, pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan para tersangka telah dilakukan sebagaimana kebijakan pimpinan KPK.

Kronologi mengenai uraian dan pihak yang telah KPK tetapkan sebagai tersangka belum dapat kami informasikan kepada masyarakat. Secara terpisah, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebutkan jika benar terjadi pemerasan tersebut, jelas tindakan itu termasuk pidana korupsi. Dan siapapun pelakunya bakal diproses sesuai prosedur hukum yang ada.

Pandangan IWC Terkait Kasus

Peneliti dari Indonesian Corruption Watch, Kurnia Ramadhan menilai peristiwa pemerasan ini menjadikan KPK berada di ambang batas kepercayaan publik. Menurutnya, setiap ada pemberitaan terkait lembaga itu selalu saja diwarnai dengan problematik di internalnya sendiri. Mulai dari pencurian barang bukti, gagal menggeledah, hilangnya nama politisi dalam surat dakwaan sampai kasus ini.

Oleh sebab itu, ICW menilai pengelolaan internal lembaga oleh para komisioner KPK sudah bobrok akibat regulasi terbarunya. Ditambahnya, sejak Firli Bahuri dilantik sebagai Ketua, tanggapan publik atas kinerja KPK selalu negatif. Sepanjang tahun 2020, dalam catatan ICW setidaknya ada enam lembaga survei yang mengkonfirmasi hal tersebut.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top