Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Hukum

Pertamina Digugat Warga Pancoran, Sengketa Yang Tak Kunjung Usai

Pertamina Digugat Warga Pacoran

Sejak tahun 2020 sengketa tanah Pancoran belum menemukan titik terang, bahkan pertamina digugat warga Pancoran. Menurut Pertamina, tanah yang didiamkan oleh warga Pancoran tersebut seluas 4,5 hektare merupakan milik Pertamina yang sah. Sementara itu warga Pancoran menyatakan bahwa mereka sudah menempati tanah tersebut selama 40 tahun.

Kelanjutan Pertamina Digugat Warga Pancoran

Sempat terjadi bentrok pada Maret lalu antara Pertamina dan warga tetap tidak menyurutkan warga untuk mempertahankan haknya. Sengketa lahan masih terus terjadi, di PN Jaksel dengan tergugatnya adalah Pertamina. Penggugatnya yaitu ahli waris dari keluarga Mangkusasmito Sanjoto memasuki sidang ke delapan.

Berdasarkan pernyataan dari Edi Danggur sebagai pengacara dari Keluarga penggugat Pertamina tersebut menceritakan kronologi kepemilikan tanah. Bahwa tanah yang ditempati keluarga Mangkusasmito ini sejak tahun 1981 dengan para warga sekitar lainnya. Jadi ketika tahun 2020 Pertamina mendatangi pemukiman warga Pancoran dan menyatakan tentang kepemilikan tanah tersebut diklaim Pertamina.

Hal ini yang pada akhirnya memicu bentrok warga yang ada di daerah Pancoran, pasalnya datang para preman dan kelompok lainnya untuk melakukan penggusuran paksa. Padahal secara hukum, penggusuran tidak bisa dilakukan jika belum ada putusan peradilan. Warga yang merasa haknya atas tanah itu akan dirampas paksa, akhirnya bentrok dan terjadi keributan.

Dengan kejadian ini polisi mengerahkan personilnya untuk mengamankan bentrokan yang terjadi saat itu. Warga menyatakan seharusnya pihak Pertamina tidak perlu mengerahkan kelompok penggusuran. Atas hal itu warga tetap bertahan di Pancoran, yang mana tempat tersebut adalah tempat tinggalnya sudah 40 tahun lamanya.

Keberadaan penggugatan yang dilakukan oleh keluarga Mangkusasmito juga tetap dilanjutkan, Dimana Pertamina sebagai pihak tergugat pun hadir untuk menyerahkan bukti kepemilikan sengketa tanah Pancoran tersebut. Sidang akhirnya mengalami penurunan hingga 2 minggu mendatang untuk menindaklanjuti bukti yang ada.

Pemprov Jadi Penengah Sengketa Tanah Pancoran

Sejak Pertamina digugat warga Pancoran, Pemprov DKI menjadi penengah atas perkara yang belum usai ini. Menurut wagub DKI, akan dicarikan solusi terkait adanya sengketa yang terjadi saat ini. Pemprov menyarankan pemindahan warga ke rusun, namun hal ini masih dipertimbangkan . Mengingat warga masih bertahan dan tetap tinggal di tempatnya tersebut.

Kejadian ini membuat pihak Pemprov DKI menjadi penengah atas masalah yang sedang terjadi ini. Menurut Pemprov DKI, pastinya Pertamina memiliki solusi terbaik untuk bisa keluar dari masalah ini. Agar menemukan jalan terbaik tentang sengketa tanah tersebut. Bagi warga yang sudah tinggal puluhan tahun tentu akan merasa bahwa hak nya dirampas.

Sementara itu, Pertamina tetap mengklaim dengan berbagai bukti sah untuk mengambil tanah Pancoran. Dimana alasan yang terlontar yaitu untuk menyelamatkan aset negara. Tapi, seharusnya Pertamina melakukan dengan cara yang baik, bukan dengan bentrokan yang terjadi tersebut. Pengakuan Pertamina menyebutkan bahwa pihaknya tidak melakukan hal tersebut terkait penggusuran melibatkan kelompok.

Status tanah Pancoran saat ini memang belum menemukan titik terang, pihak Pertamina digugat warga Pancoran, masih berlanjut di PN Jaksel. Jadi secara hukum, tanah Pancoran tersebut masih berupa tanah sengketa yang belum kunjung usai. Terkait gugatan, baik pihak penggugat maupun tergugat tetap membawa bukti yang jelas terkait tanah Pancoran.

Kedua belah pihak sama-sama akan membuktikan tentang kepemilikan tanah. Pihak Pertamina tetap bersikeras bahwa hal yang dilakukan saat ini merupakan penyelamatan aset negara. Hal ini harus dilakukan sebagai upaya penyelamatan aset negara. Yang setelahnya terlihat pada papan-papan sekitar rumah warga dengan tajuk, Tanah Milik Pertamina.

 

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top