Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Ekonomi

Resmi, Pertamina Kembangkan SPKLU di Kawasan Bandara Soekarno-Hatta

Pertamina Kembangkan SPKLU

Kabar baik bagi para pengguna kendaraan berbasis listrik di Ibu kota. Baru-baru ini PT Pertamina dikabarkan telah meresmikan stasiun pengisian bagi kendaraan listrik atau disingkat SPKLU di kawasan bandara Soekarno Hatta. Langkah Pertamina kembangkan SPKLU ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk mendukung gerakan energi bersih di tanah air. Stasiun bahan bakar listrik tersebut sendiri digagas Pertamina bersama perusahaan Grab Indonesia.

Peresmian SPKLU ini sebenarnya bukan pertama kali dicanangkan oleh Pertamina. Sebelumnya, di akhir tahun 2020 lalu, SPKLU juga telah diresmikan di kawasan Fatmawati, Jakarta. Pertamina tampaknya cukup serius untuk terus mendukung penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Pemilihan lokasi di bandara Soekarno Hatta juga disebut sebagai langkah tepat mengingat kawasan ini memiliki tingkat pergerakan yang tinggi.

Dukung Energi Terbarukan

Langkah Pertamina meresmikan SPKLU ini disebut sebagai upaya mereka dalam mendukung penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dirut mereka, Nickie Widyawati. Langkah ini pun disebutnya akan berkelanjutan hingga mencakup daerah-daerah lain di Indonesia. Terlebih pemerintah juga telah membuat perusahaan Indonesian Baterai Corporation sebagai langkah memajukan energi bersih di Indonesia.

Selain itu, pemerintah melalui keputusan presiden pada tahun 2019 lalu juga telah mencanangkan program untuk mempercepat transisi penggunaan bahan bakar minya ke berbasis listrik ini. Program tersebut tentu bisa dicapai dengan bekerja sama dengan Pertamina sebagai perusahaan penyedia bahan bakar di Indonesia. Langkah tersebut juga diharapkan mampu berjalan dengan lancar sehingga membuktikan Indonesia mampu menjadi negara yang mendukung gerakan energi terbarukan.

Dirut Pertamina juga menyebut, langkah yang dilakukan tentu nantinya segera berdampak secara signifikan dalam pengurangan polusi gas karbon dioksida yang dihasilkan dari bahan bakar minyak. Nickie juga berharap langkah Pertamina kembangkan SPKLU secara bertahap akan menjadi langkah awal perubahan ke energi bersih. Selain itu, Pertamina juga tengah berupaya untuk menjadi Energi Company kelas dunia dalam menerapkan penggunaan energi bersih.

Bukan Kali Pertama

Langkah ini sebenarnya bukan kali pertama Pertamina meresmikan SPKLU. Sebelumnya, pada Desember 2020 pengembangan fasilitas ini telah lebih dahulu diresmikan di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan. Selain itu langkah ini juga nantinya akan terus dilakukan secara berkelanjutan dengan mencakup daerah-daerah lain.

Dirut Pertamina juga menyebut telah mengembang SPKLU di enam lokasi lainnya. Persebaran lokasi ini juga telah ditentukan sedemikian rupa dengan berlokasi strategis dan menjangkau lebih banyak orang. Namun, saat ini persebarannya baru terbatas pada kawasan Ibu Kota dan Banten, diharapkan nantinya mampu menjangkau wilayah lain dan semakin luas.

Didukung oleh Grab

Grab Indonesia, perusahaan yang bersama Pertamina turut dalam peluncuran SPKLU di Soekarno-Hatta juga menyampaikan dukungan pada Kamis lalu. Melalui Presiden Grab Indonesia, mereka menyampaikan mendukung penuh upaya pemerintah dan Pertamina dalam mempercepat perubahan energi ke arah energi yang lebih bersih dan terbarukan. Langkah ini disebutnya selaras dengan upayanya membentuk lapangan kerja bagi komunitas lokal.

Ridzki Kramadibrata turut menyebut Grab Indonesia juga berupaya mengurangi emisi gas karbon demi meningkatkan kualitas lingkungan. Bahkan, Grab juga telah membentuk kampanye yang disebut Langkah Hijau Grab sebagai upaya mendorong masyarakat menggunakan energi bersih. Oleh karena itu, kerja sama Pertamina dan Grab dianggap sebagai langkah yang tepat dan diharapkan mendorong perusahaan lain ikut dalam gerakan yang sama.

Upaya Pertamina kembangkan SPKLU tentu menjadi langkah yang sangat tepat mengingat PBB melalui program SDGs juga turut mengupayakan hal yang sama. PBB juga terus berupaya untuk memastikan energi yang terjangkau dan berkelanjutan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Langkah ini sendiri sebelumnya juga telah didukung oleh banyak negara di dunia.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top