PKS : Sekolah Boleh Libur, Tetapi Jangan Liburkan Siswa dari Kegiatan Belajar

PKS : Sekolah Boleh Libur, Tetapi Jangan Liburkan Siswa dari Kegiatan Belajar
PKS : Sekolah Boleh Libur, Tetapi Jangan Liburkan Siswa dari Kegiatan Belajar

SUARA ARAH PUBLIK, JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi PKS Komisi X DR.Fahmy Alaydroes, kebijakan menghentikan kegiatan di sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona sudah tepat, tetapi jangan liburkan Siswa dari begiatan belajarnya.

Pemerintah daerah Hampir diseluruh Indonesia telah resmi menerapkan kebijakan menghentikan kegiatan disekolah untuk mengantisipasi penyebaran corona.

“Pemerintah Daerah DKI, Kota Solo, Kota Depok, Kota Bandung, Kabupaten Bogor  dan kota-kota lainya di indonesia, yang telah dengan resmi menerapkan kebijakan untuk menghentikan kegiatan di sekolah untuk mengantisipasi penyebaran corona lebih luas lagi, patut diapresiasi,” Kata Fahmy.

Menurut Anggota DPR RI Fraksi PKS ini “Kebijakan ini jangan sampai disalah fahami, sehingga kebablasan juga diterapkan di sekolah-sekolah berasrama. Justru, sekolah berasrama yg steril, harusnya dilindungi dengan melarang santri dan ortu atau guru keluar masuk lingkungan sekolah dan asrama. Perketat protokol kesehatan”.

Baca Juga : Korban Corona Di Indonesia Meningkat, PKS Desak Jokowi Lakukan Lockcdown Parsial

Menurut DR. Fahmi, adapun kegiatan sekolah yang di liburkan, jangan disalah artikan dengan libur dari kegiatan belajar, seperti libur sekolah biasa-biasanya.

“Belajar harus jalan terus, maka itu pindahkan kegiatan belajar dari sekolah ke rumah masing-masing, Sekolah/guru harus mengaktifkan dan mengefektifkan pembelajaran jarak jauh (sekolah-rumah) dengan mengoptimalkan penggunaan media internet, dan Oang tua harus mengkondisikan anak-anak mereka agar tetap berada di lingkungan rumah, dan anak-anak yang ‘dirumahkan’ oleh sekolah mereka, harus diberi pemahaman, mereka harus tetap aktif mengikuti pembelajaran yang diprogram oleh sekolah”. Ujarnya.

Menurut Anggota DPR RI Fraksi PKS ini, Sekolah/Guru harus menyiapkan diri menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media dan sumber belajar seperti internet. Ada beberapa media digital yang dapat digunakan untuk membantu guru mengaktifkan pembelajaran jarak jauh ini, di antaranya :

  1. Google Site.

    Aplikasi ini cukup mudah karena tidak perlu coding, hanya drag and drop. Aplikasi ini bisa disambungkan juga dengan aplikasi google yang lainnya sehingga test maupun berbagai media pembelajaran bisa ditampilkan disini.

  2. Google Classroom.

    Option selanjutnya adalah google classroom, dengan aplikasi ini, maka guru bisa mengoptimalkan berbagai fitur di dalamnya yang lebih advance daripada google site. Termasuk mengatur kapan suatu ulangan bisa dikerjakan oleh siswa dan kapan deadline dari tugas tsb.

  3. Zoom.

    Aplikasi meeting ini bisa digunakan untuk meeting antar guru dan juga digunakan sebagai media belajar secara daring. Aplikasi ini cukup menarik, jika guru atau fasilitator membutuhkan menjelaskan secara langsung dengan menampilkan presenter via daring. Presenter juga bisa menset agar PPT yang dipresentasikan tetap tampil, tanpa menghilangkan wajah presenter yang sedang menjelaskan.

  4. Whatssapp Group.

    Aplikasi ini juga bisa diatur untuk diskusi secara sederhana, atau jika menjelaskan segala sesuatu, dengan pengaturan yang baik oleh admin, sehingga seluruh komentar bisa di off kan oleh admin.

  5. Youtube.

    Saluran youtube bisa juga dijadikan media untuk sumber san media belajar. Puluhan ribu konten yang sarat informasi, eksplanasi, dokumentasi , simulasi bertebaran di sana. Bahkan saluran youtube dapat digunakan untuk menampilkan hasil karya siswa, untuk memicu motivasi dan inspirasi.

“Kepada para guru, juga perlu memberikan pemahaman terkait penularan COVID-19 dan upaya pencegahannya” Ujar Pembina JSITI itu.

Konten edukasi dari berbagai komunitas dan organisasi pendidikan terkait hal tersebut dapat dilihat di tautan berikut:

  1. Untuk SD – SMP : www.sekolah.mu/siswalawancorona
  2. Untuk SMA – Mahasiswa : www.sekolah.mu/pelajarlawancorona
  3. Untuk Orang tua dan Guru: www.sekolah.mu/ortulawancorona

Baca Juga : Menhub Budi Karya Positif Corona, Menko Maritim Luhut di Angkat Jokowi Jadi Menhub 

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat

Gatot Tolak Penghargaan Bintang Mahaputera, Politikus PKS: Luar Biasa, Beliau Tidak Gila Pangkat IKIZONE.COM, Suara …

Leave a Reply