Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Ekonomi

Proyek Mercusuar Jokowi dan Dana yang Disediakan

Proyek Mercusuar Jokowi

Proyek mercusuar merupakan proyek untuk membangun sebuah bangunan yang besar seperti monument. Pelaksanaan proyek mercusuar bukan hanya secara nasional saja namun juga secara internasional. Adapun proyek mercusuar Jokowi yang saat ini tengah dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 adalah pembangunan ibu kota negara Indonesia.

Berita terkait adanya pemindahan ibu kota Jakarta memang sudah lama direncanakan oleh Presiden Jokowi. Rancangan pemindahan ibu kota tersebut memang sudah tertuang dalam undang-undang yang kini sudah diserahkan ke DPR. Rencananya ibu kota negara Indonesia akan dipindahkan ke provinsi Kalimantan Timur dan proyeknya masih berjalan hingga saat ini.

Proyek Mercusuar yang Dirancang Oleh Presiden Jokowi

Memang proyek mercusuar yang dirancang oleh Jokowi bukan hanya pemindahan ibu kota negara saja. Akan tetapi terdapat beberapa proyek infrastruktur yang juga direncanakan dan proses pembangunannya masih berjalan. Berikut ulasan lengkap mengenai proyek infrastruktur lain yang pembangunannya tengah dijalankan.

1. Pembangunan Tol

Pembangunan jalan tol yang memang saat ini dibangun di berbagai wilayah seperti tol Cibitung ke Cilincing. Selain itu, pembangunan jalan tol Serpong ke Cinere pun dibangun dengan panjang 6,5 kilometer. Jalan tol trans Sumatera juga kini dibangun oleh Presiden Jokowi. Antaranya tol Sigli ke Banda Aceh yang dibangun sepanjang 6,3 kilometer.

2. Pembangunan Pelabuhan

Pembangunan pelabuhan yang hingga saat ini akan dijalankan oleh pemerintah seperti Pelabuhan KEK Maloy yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, pembangunan pelabuhan juga dilakukan di Provinsi Bali yakni Pelabuhan Sanur. Begitu pula dengan pembangunan pelabuhan yang ada di Sulawesi seperti Pelabuhan Likupang.

3. Pembangunan Kereta Api

Rencana pembangunan kereta api di berbagai wilayah memang sudah lama direncanakan oleh pemerintah RI. Pembangunan akses kereta api yang masih berjalan hingga saat ini di Provinsi Sulawesi Selatan adalah akses Pare-Pare ke Makassar. Selain itu, akses kereta api Jakarta ke Surabaya pun masih dalam proses pembangunan di masa pandemi covid-19.

4. Pembangunan Bandara

Bandara juga merupakan proyek mercusuar Jokowi yang masih berjalan meskipun di masa pandemi covid-19. Adapun beberapa bandara yang akan dibangun diantaranya Bandara Kediri, Bandara Bali Utara, dan lain sebagainya. Tujuan pembangunan bandara di berbagai daerah ini agar dapat memudahkan akses masyarakat apabila ingin berkunjung ke suatu daerah.

Dana yang Digunakan Untuk Proyek Mercusuar Jokowi

Tujuan pelaksanaan proyek mercusuar adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi negara Indonesia. Memang proyek mercusuar yang dirancang oleh Presiden Jokowi tentu membutuhkan banyak biaya. Dengan alasan karena pembangunan yang dirancang merupakan pembangunan dalam bentuk yang besar sehingga membutuhkan dana besar pula.

Jumlah dana yang sudah disediakan oleh pemerintah untuk infrastruktur dalam APBN sebesar 417,4 triliun. Meskipun dana yang disediakan bukan hanya untuk membiayai proyek mercusuar saja. Akan tetapi dana yang disediakan tersebut akan digunakan untuk penyediaan layanan dasar, untuk dukungan pemulihan ekonomi negara, dan lain sebagainya.

Namun masih ada pihak yang memberikan tanggapan terhadap jumlah dana yang dikeluarkan untuk pembangunan tahun ini. Dimana Indef Bhima Yudhistira bahwasanya dana tersebut sebaiknya digunakan untuk pemulihan ekonomi negara. Dengan alasan masa pandemi yang belum berakhir meskipun sudah mengalami penurunan jumlah pasien.

Itulah beberapa paparan mengenai jenis proyek mercusuar Jokowi yang saat ini masih proses pembangunan. Memang pembangunan tersebut tetap dijalankan meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 yang masih tengah dirasakan masyarakat. Meskipun jumlah pasien covid-19 memang sudah dikatakan menurun namun masyarakat masih perlu untuk tetap waspada.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top