PSBB Di Kota Dumai-Riau Mendapat Penolakan dan Perlawanan Spontanitas Dari Warga

PSBB Di Kota Dumai-Riau Mendapat Penolakan dan Perlawanan Spontanitas Dari Warga
PSBB Di Kota Dumai-Riau Mendapat Penolakan dan Perlawanan Spontanitas Dari Warga (18/05)

SUARA ARAH PUBLIK, DUMAI,RIAUPSBB Di Kota Dumai Prov. Riau Mendapat Penolakan dan perlawanan spontanitas dari Warga dan para Pedagang. Sejumlah warga turun ke jalan melakukan aksi spontanitas membubarkan kegiatan razia yang dilakukan oleh Petugas gabungan TNI-Polri serta Pemko Dumai di Pos Check Point yang berlokasi di jalan Jendral Sudirman tepat di depan Hotel Grand Zuri,Senin Malam(18/5).

Ratusan masyarakat dan pedagang kaki lima di Pasar Senggol Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai, Senin malam, turun ke jalan menolak pembatasan jam buka tempat usaha dan membuka paksa portal penutup jalan yang dipasang petugas gabungan pelaksanaan PSBB.

Tampak terlihat dari kasat mata terjadi perdebatan warga dengan petugas yang sulit untuk dihindari. Warga menyampaikan langsung aspirasinya kepada petugas agar membubarkan kegiatan razia dan menunda segala kegiatan PSBB hingga usai Lebaran mendatang.

“Kita tidak menolak kegitan PSBB ini berjalan, Ada baiknya kami pedagang ini diajak bicara terlebih dahulu, Kami meminta agar PSBB ini diundur terlebih dahulu habis lebaran nanti, selama sebulan lebih ini kami patuh atas anjuran pemerintah yang mengakibatkan terjun bebas omzet kami,” terang azuar salah satu pedagang tersebut.

Baca Juga : Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kota Dumai Akan Terapkan PSBB Senin 18 Mei 2020

Aksi massa yang disaksikan banyak orang dan pengendara ini menolak untuk membubarkan diri dan meminta agar kegiatan jual beli terus diperbolehkan pemerintah.

Warga yang memadati Jalan Jenderal Sudirman ini terpantau sempat bersitegang mulut dengan aparat gabungan karena memaksa tetap berjualan dan meminta waktu dibolehkan jualan hingga usai lebaran, namun beruntung tidak ada terjadi kontak fisik.

“Kami menolak ditutup tempat usaha, dan minta pemerintah tetap bolehkan jualan untuk mencari rezeki hingga habis lebaran nanti,” kata seorang warga di lokasi.

PKL yang menjajakan berbagai dagangan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Jalan Sudirman Dumai ini merasa perlakuan pemerintah tidak adil karena usaha kecil kecilan mereka dipaksa untuk ditutup.

Baca Juga : Menteri Kesehatan Setujui PSBB di 5 Kabupaten dan Kota di Riau

Larangan tidak berkerumun di tengah Pandemi COVID-19 ini tidak lagi dihiraukan masyarakat Dumai, sehingga aparat dengan persuasif terus menenangkan warga dan meminta untuk pulang.

Dalam aksi ini, warga dan polisi hanya bersitegang tanpa ada bentrok di lapangan, dan hingga pukul 22.30 WIB kerumunan massa masih terlihat ramai di jalan.

Diketahui, dalam penerapanPSBBdi Dumai, ada enam pembatasan di antaranya, larangan aktivitas belajar dan mengajar di sekolah, pembatasan kerja, pembatasan sosial di tempat fasilitas umum dan larangan berkumpul.

Kemudian, larangan kegiatan hiburan dan budaya, larangan kegiatan ibadah untuk seluruh umat beragama dan larangan keluar masuk orang dari luar daerah maupun dari dalam untuk bepergian keluar tanpa alasan tertentu, terakhir pembatasan kendaraan umum.

Untuk menenangkan aksi massa, Di TKP (Tempat Kejadian Perkara) Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, SH, S.I.K bersama perwira Kodim 0320/Dumai serta pejabat pada Dinas UKM Dumai dan petugas gabungan lainnya menghimbau agar membubarkan diri dan pulang ke rumah masing masing. Beliau berjanji akan mengkonsolidasikan aspirasi ini kepada semua pihak pihak yang terkait dan dipandang perlu.

Aksi Penolakan Warga Dumai :

Baca Juga : BPIP Gagas Konser Amal Berbagi Kasih Bersama Bimbo Dihadiri Jokowi, Konser Yang Menyinggung Umat Islam

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia, KPU Riau: Tidak Ada Penggantian Calon

Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia, KPU Riau: Tidak Ada Penggantian Calon

IKIZONE.COM, Suara Arah Public -Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dinyatakan meninggal dunia dinihari tadi setelah …

Leave a Reply