Resep Donat Kentang Lembut

Resep Donat Kentang Lembut – Berikut resep donat kentang lembut yang Mudah dan Praktis Spesial Asli Enak. Donat kentang lembut paling enak disantap di pagi hari untuk sarapan tapi enak juga dimakan pada sore hari sepulang dari rutinitas kantor atau sepulang kerja sambil menikmati minuman teh hangat atau segelas kopi cappucino panas.

Donat Kentang Lembut
Resep Donat Kentang Lembut

Cara memasak donat  kentang lembut ada 3 metode jenis pemasakannya, diantaranya donat goreng tanpa oven, donat bakar atau donat panggang oven lebih dikenal dengan donat oven, dan donat kukus dimasak dengan cara dikukus donat model in tekturnya lebih lembut dan empuk sekali. Donat goreng bisa dibuat tanpa ragi, tanpa telur, dan tanpa oven. Berikut kumpulan aneka resepi donat kentang lembut sederhana sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka donat goreng aneka topping dan rasa. Anda bisa membuat donat goreng dengan aneka isi coklat, keju, selai, dll.
Donat merupakan salah satu kue yang enak dan menggugah selera saja. Donat juga telah menjadi salah satu kue favorit hampir semua orang. Dari orang dewasa hingga anak-anak, pasti suka dengan donat. Apalagi, jika donat yang dikonsumsi memiliki tekstur lembut, rasa gurih dan manis yang sedap serta toping yang bikin nagih.
Ngomongin soal donat yang empuk dan enak, kali ini ikizone.com punya resep membuat donat kentang empuk dan enak. Resep tersebut adalah resep donat kentang. Seperti apa resepnya? Simak baik-baik yang berikut ini.
Bahan-bahan Donat Kentang Lembut :

  • 1/2 kg tepung terigu (kualitas super)

  • 4 butir telur

  • 1/4 kg kentang

  • 1/4 kg mentega

  • 10 gram ragi instan

  • 1 sdt garam

  • 4 sdm gula (atau secukupnya sesuai selera)

  • 4 sdm susu bubuk full cream

  • 1 sdt baking powder

  • 1/2 gelas air (sekitar 100 ml)

  • Minyak goreng (secukupnya)

Bahan Toping Donat Kentang Lembut :

  • 100 gram dark cooking chocolate (lelehkan)

  • 1 sdm margarin

  • Meses, tepung gula, cokelat strawberry (lelehkan)

Cara Membuat Donat Kentang Lembut :

  1. Kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian lalu kukus hingga matang dan empuk. Jika sudah matang, haluskan kentang dengan cara ditumbuk atau diblender.

  2. Masukkan tepung terigu, susu, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan kentang yang telah dihaluskan ke sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga rata.

  3. Aduk semua bahan hingga adonan kalis lalu diamkan kira-kira selama 30 menit sampai adonan mengembang.

  4. Ketika adonan sudah kalis, masukkan mentega, garam dan air secukupnya. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan adonan benar-benar kalis.

  5. Diamkan kira-kira selama 20 menit agar adonan mengembang dengan sangat baik.

  6. Bentuk adonan yang sudah mengembang menjadi donat. Kamu bisa membentuknya dengan cara manual atau dengan mencetaknya dengan cetakan donat.

  7. Panaskan minyak lalu goreng donat hingga warnanya kuning keemasan serta matang. Goreng donat dengan api kecil agar donat terbentuk dengan sempurna.

  8. Donat yang sudah matang bisa diberi toping berupa dark chocolate, cokelat strawberry, tepung gula atau meses.

Tips Rahasia Resep Donat Kentang Spesial lembut Anti Bantat :

  1. Tepung yang digunakan harus menggunakan tepung berprotein tinggi. Biasanya sih yang bagus tepung cakra atau tepung yang memang dibuat untuk membuat mie ataupun roti.

  2. Telur ayam yang digunakan untuk membuat adonan resep donat kentang jangan yang dingin ya. Kalau memang sudah dimasukkan ke kulkas keluarkan terlebih dahulu dan tunggu sampai beberapa menit atau jam sampai tercapai suhu ruang.

  3. Adonan donat harus diuleni atau diaduk dengan tangan sampai benar benar kalis dan elastis. Jadi kalau adonan donat nya ini ditarik tarik tidak putus dan melar seperti karet.

  4. Setelah diuleni diamkan dan tutupi dengan serbet kain basah atau plasti supaya nanti adonat donat kentang nya bisa mengembang sempurna.

  5. Suhu saat proses cara membuat donat kentang sangat berpengaruh terhadap proses pengembangan adonan donat. Semakin dingin suhu di ruangan tersebut akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Jadi sesuaikan saja. Sebagai patokan adonan harus mengembang kurang lebih 2 kali dari sebelum didiamkan.

  6. Ragi untuk mengembangkan adonan donat ini bersifat unik dan tidak bisa ketemu langsung dengan garam. Jadi saat garam dan mentega akan dimasukkan adonan harus setengah kalis terlebih dahulu.

    Minyak goreng harus banyak saat menggoreng dan jangan terlalu panas supaya nanti tidak cepat gosong.

Ladies, itulah resep membuat donat kentang lembut dan enak. Gimana, resep yang sangat mudah bukan? Silhakan di coba dirumah dan bisa di share ke media sosial, sehingga banyak saudara kita yang dapat membuat donat kentang yang lembut dengan resep ini. Selamat mencoba resep ini dan semoga sukses

Jangan ketinggalan juga untuk membaca resep kami yang lain seperti : Cara membuat empek empek Palembang

 

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Resep Sambal Ijo Khas Padang

Resep Sambal Ijo Khas Padang Yang Asli

Resep Sambal Ijo Khas Padang – Berikut ini resep sambal ijo khas padang yang asli …

Leave a Reply