RUU HIP Mengusik Pancasila, Ketua BPIP Menghilang, Anda di Mana?

Ketua BPIP Menghilang, RUU HIP Mengusik Pancasila, Berita Hari ini, viral,

RUU HIP Mengusik Pancasila, Ketua BPIP Menghilang, Anda di Mana?
RUU HIP Mengusik Pancasila, Ketua BPIP Menghilang, Anda di Mana?

SUARA ARAH PUBLIK – Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tak henti-hentinya mendapat sorotan publik dan menjadi polemik baru. Bahkan, ribuan orang mengikuti aksi penolakan RUU HIP di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Akibatnya, masyarakat melakukan demo di DPR RI menuntut RUU HIP dibatalkan. Karena secara subtantif telah mengubah Pancasila menjadi Trisila dan berujung ke ekasila, yakni gotong royong.

Tak hanya itu, dalam RUU HIP diduga berpeluang lahirnya paham komunisme. Pasalnya dalam RUU tersebut tidak memasukan konsideran TAP MPR yang melarang paham komunisme. Dan sebaliknya, terkesan membungkam gerakan orang Islam.

Baca Juga : PDIP Kini Usul RUU HIP Ganti Nama Jadi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP)

Bahkan belakangan, PDI-P menginginkan keberadaan RUU HIP untuk mengatur tugas, fungsi dan wewenang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Mengenai polemik RUU HIP, sudah sejak awal PDI Perjuangan hanya menginginkan hadirnya suatu undang-undang yang berfungsi sebagai payung hukum yang dapat mengatur wewenang, tugas dan fungsi BPIP dalam melakukan pembinaan ideologi bangsa,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-P), Ahmad Basarah

Namun di tengah keramaian tersebut, justru ada yang sunyi. Ya, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, senyap suara di tengah gonjang ganjing RUU HIP.

Prof. Yudian Wahyudi tenggelam di gelombang aksi menuntut kejelasan RUU HIP. Tak ada komentar dan aksi dari Wahyudi. Bahkan di akun media sosial Twtter BPIP tak sama sekali menyingung aksi penolakan RUU HIP ini.

“RUU HIP katanya murni inisiatif DPR RI. Dan Pemerintah tidak tahu menahu akan isinya. Kemudian minta RUU itu ditunda. Menjadi pertanyaan kenapa BPIP adem ayem saja? Apa BPIP tidak risih dan terganggu dgn RUU HIP? Jika RUU Jadi UU maka BPIP akan berobah menjadi BPIE.

Mana suaranya?” cuit @ustadtengkuzul, 21 Juni 2020.

Tampaknya, Yudian Wahyudi dipaksa menyembunyikan diri. Kalau dia muncul dan berkomentar dikhawatirkan bikin emosi publik. Ia pernah merasakannya saat menyebut agama musuh Pancasila dan Assalamualaikum diganti dengan Salam Pancasila. Daripada pusing kepala berbie lebih baik diam.

Baca Juga : Wakil Ketua MPR Arsul Sani Mengaku: RUU HIP Usulan Dari Fraksi PDIP

Merasa ‘kehilangan` membuat Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid mempertanyakan keberadaan Yudian Wahyudi. “Kepala BPIP “Menghilang” di Tengah Ramainya Pembahasan RUU HIP. Mungkin krn kepala BPIP repot/takut bersikap?,” cuit Hidayat lewat akun Twitternya.

Menurut Hidayat, Kepala BPIP memang bersikap menolak RUU HIP yang tidak sesuai dengan Pancasila. Namun, dia berharap Kepala BPIP punya sikap tegas terkait polemik yang terjadi belakangan ini.

“Krn Kepala BPIP pertama (Dr Yudi) dan Jend (Purn) Tri Sutrisno (yg jg Waket DewanPengarahBPIP) malah menolak RUU HIP yg tak sesuai dg Pancasila itu,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah memutuskan menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Haluan Ideologi Pancasila. Alasannya bukan karena aspek subtansial atau tidak substansial dalam rancangan undang-undang itu, melainkan agar untuk sementara ini pemerintah berkonsentrasi pada penanganan pandemi wabah virus corona.

Keputusan menunda tidak sama dengan membatalkan. Artinya, masih ada peluang di lain waktu bagi pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat untuk membahasnya lagi. Padahal yang publik soroti dari rancangan undang-undang itu kadar urgensinya, selain juga karena dicurigai akan membuka peluang komunisme bersemi lagi di Indonesia.

Parlemen tiba-tiba manut keputusan pemerintah, padahal sebelumnya, terutama fraksi partai-partai yang berbasis massa kalangan muslim, mengisyaratkan menolaknya. Senayan jugalah yang mengusulkan rancangan undang-undang itu masuk dalam Program Legislasi Nasional Tahun 2020.

Baca Juga : PDIP Tolak TAP MPRS Tentang Larangan Ajaran Komunisme di Indonesia Masuk RUU HIP

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Sempat Dibatalkan MA, Mulai 1 Juli Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi

Sempat Dibatalkan MA, Mulai 1 Juli Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi

Mulai 1 Juli Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi, Berita Viral, Berita Terkini, Berita Hari ini, …

Leave a Reply