Ikizone.com – Suara Arah Publik – Berita Terbaru – Berita Terkini

Olahraga

Format Baru Semifinal Piala Menpora, Keempat Tim Akan Habis-habisan di Leg Kedua

Semifinal Piala Menpora

Piala Menpora 2021 menjadi satu ajang penghibur pecinta sepak bola Indonesia atas ditundanya perhelatan Liga Indonesia akibat pandemi Corona. Ajang ini cukup banyak menarik perhatian dan antusiasme karena ajang ini diikuti oleh 18 tim yang berasal dari Liga Utama Indonesia. Selain itu, Semifinal Piala Menpora kini menggunakan format baru, berikut ulasannya:

Format Baru Semifinal

Ajang ini telah cukup banyak menarik perhatian khalayak pecinta sepak bola di tanah air. Sejak awal bergulirnya ajang ini, banyak penggemar termasuk klub sepak bola itu sendiri merespons positif ajang ini. Ajang ini dianggap banyak orang sebagai obat untuk melepas kerinduan pergelaran kompetisi sepak bola di tanah air yang telah lama ditunda akibat pandemi.

Saat ini, ajang ini telah memasuki fase semifinal di mana ajang ini akan menggunakan format baru dalam babak ini. Keempat klub yang berhak melangkah ke fase semifinal kini harus melakukan dua kali pertandingan atau dua leg. Hal ini berbeda ketika di fase delapan besar di mana seluruh klub hanya melangsungkan satu laga.

Dua laga ini nantinya akan menggunakan dua stadion yakni Maguwoharjo, Sleman serta Manahan Solo. Keempat klub yang berhak melangkah ke fase semifinal nantinya akan menggunakan stadion yang sama pada masing-masing leg. Maguwoharjo akan menjadi stadion yang digunakan untuk leg pertama bagi keempat klub. Sementara Manahan Solo akan menjadi tempat dilangsungkannya leg kedua.

Selain tidak menggunakan sistem home and away, keempat tim juga otomatis tidak akan menggunakan sistem gol tandang. Maka pada dua leg yang akan dilangsungkan tidak akan ada ketentuan keunggulan gol tandang bagi tim yang bermain di laga pertama. Ketentuan hasil pertandingan hanya akan berpatokan ke agregat dari kedua lagu tersebut.

Keempat Tim yang Telah Melaju ke Fase Semifinal

Semifinal Piala Menpora tahun ini telah resmi digelar dengan mempertemukan empat klub yang berhak lolos pada fase 8 besar. Keempat klub yang telah dinyatakan ke fase semifinal yaitu PS Sleman, Persija Jakarta, Persib Bandung, serta PSM Makassar. Leg pertama pun telah dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis dan Jumat kemarin.

Laga pertama mempertemukan duel sengit PSM dan Persija pada hari Kamis, lalu. Kedua klub ini telah memulai persaingan sejak fase grup di mana kedua klub berada di grup yang sama yaitu grup B. Persija berhasil menjadi juara grup dengan jumlah poin 6, dan diikuti PSM dengan poin 5.

Persija sendiri akhirnya berhak melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Barito Putera, sementara PSM berhasil menumbangkan PSIS Semarang. Kemenangan kedua tim ini akhirnya mempertemukan keduanya di fase semifinal. Kedua tim sendiri telah melangsungkan leg pertama di Maguwoharjo dengan hasil akhir sama imbang tanpa gol bagi kedua tim.

Sementara itu, Laga kedua mempertemukan Persib Bandung dengan klub tuan rumah PS Sleman. Laga pertama tersebut seharusnya memang menjadi keuntungan bagi PS Sleman karena bermain di kotanya sendiri. Namun, sayangnya Persib berhasil mencuri kemenangan dengan skor 2-1.

Keunggulan skor bagi Persib ini tentu akan menjadi beban tersendiri bagi PS Sleman. Format yang baru mengharuskan PS Sleman untuk unggul setidaknya dua gol di laga kedua di Solo. Jika skor berakhir kemenangan keunggulan satu gol berapa pun hasilnya, maka pertandingan tetap berlanjut ke babak tambahan.

Sementara bagi Persija dan PSM yang berakhir tanpa gol di Semifinal Piala Menpora laga pertama. Maka laga kedua nantinya akan menjadi laga hidup mati bagi kedua klub untuk melaju ke partai puncak. Laga kedua nantinya akan segera digelar pada tanggal 18 dan 19 April besok pukul 20.30 WIB di stadion Manahan, Solo.

 

Bantu Bagikan !!!
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Popular

To Top