Wakil Ketua MPR Arsul Sani Mengaku: RUU HIP Usulan Dari Fraksi PDIP

RUU HIP Usulan Dari Fraksi PDIP, Berita Populer, Viral, Berita terkini, berita terbaru, berita populer

Wakil Ketua MPR Arsul Sani Mengaku: RUU HIP Usulan Dari Fraksi PDIP
Wakil Ketua MPR Arsul Sani Mengaku: RUU HIP Usulan Dari Fraksi PDIP

SUARA ARAH PUBLIK – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Arsul Sani, menyatakan inisiator RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah Fraksi PDI Perjuangan. Hal ini disampaikan Arsul dalam diskusi Dua Sisi di tvOne dengan tema RUU HIP: Menguatkan atau Melumpuhkan.

Pernyataan itu disampaikan Arsul menjawab pertanyaan dari presenter tvOne dan Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, yang mempertanyakan siapa inisiator RUU ini.

Mulanya, Refly Harun menyatakan sikapnya yang tidak setuju dengan RUU HIP. Pasalnya, menurut Refly Harun, Pancasila memiliki kemungkinan disalahgunakan oleh negara seperti di rezim orde lama dan orde baru,

“Kalau Pancasila itu dibajak oleh negara, dia bisa digunakan sebagai alat untuk memukul, bukan merangkul. Itu terjadi di era orde lama dan orde baru,” ujar Refly Harun

Kemudian, presenter menanyakan adanya kemungkinan negara bisa menjadi Pancasila sebagai alat memukul jika RUU HIP dijadikan Undang-undang.

Baca Juga : PDIP Kini Usul RUU HIP Ganti Nama Jadi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP)

Refly Harun mengatakan RUU HIP ini memberikan definisi dan tafsir terhadap Pancasila. “Padahal kita tahu bahwa kalau Pancasila tafsirnya dimonopoli oleh negara, dikhawatirkan menjadi alat penggebuk dan memisahkan,” tutur Refly Harun.

Lantas, Refly Harun pun memberikan contoh polarisasi yang terjadi di masyarakat kekinian. Dan hal tersebut, menurut Refly Harun, merupakan sesuatu yang tidak positif bagi kehidupan kebangsaan.

“Narasi yang berkembang di masyarakat kan seperti itu. Ada yang Pancasilais, ada yang tidak Pancasilais, ada yang pro-NKRI, ada yang tidak pro-NKRI, pro-mana, ada cebong, ada kampret. Ini tidak positif bagi kehidupan kebangsaan,” tutur dia

Ketika dimintai tanggapan, Arsul Sani mengatakan apa yang dikatakan oleh Refly Harun itu sudah ada dalam catatan fraksi PPP dan sejumlah fraksi lainnya. Artinya, prinsip dasar mereka sama dengan yang dituturkan Refly Harun.

“Bahwa kalaupun ada RUU, itu hanya diperlukan untuk mengatur, memberikan dasar pengaturan kelembagaan dalam level UU terhadap Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan tupoksinya,” ujar Arsul Sani.

Baca Juga : PDIP Tolak TAP MPRS Tentang Larangan Ajaran Komunisme di Indonesia Masuk RUU HIP

Arsul Sani sepaham bahwa RUU tersebut tidak bisa memuat tafsir dan pemahaman mengenai Pancasila. Sebab, menurut dia, hal itu bisa memicu perdebatan yang berkepanjangan.

“Tidak bisa memuat tafsir dan pemahaman mengenai Pancasila. kalau ditarik lagi ke 1 Juni dan 18 Agustus, di antara itu kan ada Piagam Jakarta. Nanti orang berpikiran kenapa tidak ditarik ke situ (Piagam Jakarta). Lama kelamaan tidak selesai,” ujar dia.

Nah, sosok yang mengusulkan RUU HIP ini memancing rasa penasaran presenter dan Refly Harun. “Yang usul kan DPR,” tutur Refly Harun sambil tertawa.

Kemudian, presenter pun menimpali, “DPR kan (anggotanya) banyak, yang usul siapa nih?”

Baca Juga : Ribuan Massa Tumpah Ruah “Selamatkan NKRI & Pancasila Dari Komunisme” Tolak RUU HIP

Arsul Sani pun mengakui bahwa RUU HIP tersebut merupakan usulan dari anggota DPR dari fraksi PDIP. “Gini RUU itu kan usulan dari beberapa anggota DPR yang memang dari teman-teman Fraksi PDI Perjuangan,” ujar dia.

Bahkan, lanjut Arsul, dirinya pernah mengusulkan RUU pesantren dan akhirnya menjadi undang-undang. Sementara, usulan RUU larangan minuman beralkohol yang diusulkan fraksinya, sampai saat ini tidak jadi-jadi.

“Padahal itu sudah disetujui dan pemerintah juga sudah membahas. Tapi karena mereka dalam pembahasan substansinya tidak setuju, ya enggak jadi juga undang-undang itu akhirnya,” kata Arsul.

“Jadi saya ingin katakan, persetujuan di situ adalah persetujuan untuk membahas, bukan persetujuan isinya,” katanya.

Baca Juga : Massa PDIP- Jangan Rusak Panji Kebesaran, Kami Penguasa Takhta yang Sah!

Kunjungi Page Facebook  : Suara Arah Publik

Bagikan!!

About Admin

Check Also

Mendadak Menantu Jokowi Tampil Kearab-araban, Publik : Tiru Pencitraan Mertuanya

Mendadak Menantu Jokowi Tampil Kearab-araban, Publik : Tiru Pencitraan Mertuanya

Mendadak Menantu Jokowi Tampil Kearab-araban, Publik : Tiru Pencitraan Mertuanya IKIZONE.COM, Suara Arah Publik  – …

Leave a Reply